“Pesta Film Anak” Ikom UMM, Apresiasi sekaligus Literasi

Senin, 09 Juli 2018 11:12 WIB  

 

Suasana Pesta Film Anak di Aula BAU UMM

Menjawab kegelisahan masyarakat Indonesia akan minimnya film anak di Indonesia, Prodi. Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar festival tahunan bertajuk “Pestal Film Anak”. Festival ini merupakan ajang apresiasi pada semua karya film mahasiswa peminatan Audio Visual I (Produksi Film) dan telah digelar sejak 2016. Tema-tema anak yang menarik diangkat dalam film pendek yang diperankan oleh sebagian besar anak-anak dari wilayah Malang Raya.

Berlokasi di aula Biro Administrasi Umum (BAU) Senin, (9/7) Festival Film Anak berlangsung meriah diikuti antusias para penonton dari berbagai prodi di UMM maupun berbagai kalangan dari luar kampus termasuk orang tua dan anak-anak. Secara umum, acara terbagi menjadi tiga sesi, setiap sesi diputarkan empat film.

“Acaranya mulai pagi sampai sore, diawali dengan berbagi buku-buku fiksi bertema anak kemudian pemutaran film dulu sebanyak tiga sesi dan awarding,” ungkap Sanas, ketua pelaksana. Buku-buku tersebut diberikan kepada penonton anak-anak dengan tujuan untuk memotivasi anak-anak untuk gemar membaca bacaan yang sesuai dengan usia penonton.

Antusiasme Penonton Pesta Film Anak

 

Novin Farid Setyo Wibowo selaku kepala Laboratorium Ikom UMM mengharapkan film-film yang diputar dalam festival bisa menjadi konten positif terutama bagi penonton usia anak-anak. Menurutnya, konten yang sesuai usia akan membantu perkembangan anak dalam memandang sesuatu maupun bertindak sesuatu, sehingga tercipta generasi yang lebih beradab.

“Ini merupakan bentuk literasi melalui medium audio visual untuk memberikan kesadaran atas tontonan yang sekaligus menjasi tuntunan sebagai jawaban atas minimnya tayangan anak yang mendidik,” pungkasnya. (apn)

Shared: