Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

 

Penghargaan karya Audio Visual di Jurusan Ikom sudah seringkali dilakukan oleh setiap dosen. Tidak hanya melalui nilai, namun juga melalui apresiasi terbuka di setiap akhir perkuliahan semester. Namun, kali ini dalam menyemarakkan Ulang Tahun Ikom ke 25, AV Club menggelar Adu Karya (AKAR) yang pertama kalinya untuk seluruh warga Ikom. Baik mahasiswa aktif, alumni, maupun dosen.

Event AKAR dengan Ketua Pelaksana Faisal Reynaldi dimulai dengan Workshop Video Komunitas untuk siswa SMU/SMK se Malang Raya. Workshop menghadirkan pemateri alumni Ikom pemilik RollCamWork- Rinto Agung, dan  pemenang Metro Eagle Award 2008 – Tedika Puri yang saat ini menjadi penggiat Video Komunitas, serta Taufan Agustian- pemenang Metro Eagle Award 2009 pilihan Dewan Juri. Selama sebulan AKAR juga mengundang mahasiswa, dosen, dan alumni untuk mengumpulkan karya-karya AV mereka untuk dilakukan kurasi dan penghargaan. Puncak dari AKAR adalah Awarding Nigth yang apik di UMM DOME Theater (29/9).

AV Club mengapresiasi mahasiswa-mahasiswa berprestasi sebagai pembaca nominasi dan pemenang AKAR 2011.  Sebagai pembuka adalah Reza Pradipta Yudha dan R.Rahman Hakim mahasiswa angkatan 2008 yang tahun lalu berkesempatan menikmati Program Eropa Erasmus Mundus ke Portugal selama 9 bulan dan 6 bulan. Pasangan 2 R membacakan nominasi dan pemenang Kompetisi Video Komunitas antar SMU/K se Malang Raya. Pemenangnya adalah SMAN 2 Kota Batu untuk katagori Tim Terbaik dalam produksi, SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen untuk katagori Karya terbaik, dan SMKN 3 Kota Batu untuk katagori Film Favorit Pemirsa.

Selain Reza dan Rahman, tampil pula Finalis Putri Indonesia 2011, Pemain Sinetron, Model,  dan Gadis Pantene 2010- Sisilia Natasya  berpasangan dengan Ketua AV Club- Priyuda Anangga Dipa, animator Hanacaraka, Juara 1 Festival Film Animasi ITB Digital Media Fest. 2008. Mereka membacakan nominasi dan pemenang  VideoKlip terbaik. Pemenangnya adalah Circel Production dengan judul karya “Jadilah Pemberani” Blingsatan band.

Jamaluddin Ponna- Finalis Metro TV Eagle Awards 2011, Sutradara dan Produser Film-Film Komunitas berpasangan dengan Fijanatin Istiqomah- pemenang Jurnalistic Competition Pekom UI 2010, membacakan nominasi dan pemenang Sinematografi terbaik. Pemenangnya adalah Case Pictures dengan judul karya “Hilang”.

Sementara itu Pemenang Festival Film Bantengan 2010 Kota Batu- Dani Reza Kusuma berpasangan dengan Designer Semen Gresik- Fifi Sartika membacakan nominasi dan pemenang Editing Terbaik. Pemenangnya adalah  videoklip Arrow Band karya Equalist Pictures...

Finalis Pinastika Ad dan PR Program Competition PEKOM UI Haris- Syahjohan berpasangan dengan Adelia Maya Fortiena- Model, dan Finalis Kakang Mbakyu 2010, membacakan nominasi dan pemenang  Film Fiksi Terbaik. Pemenangnya adalah Fantash*t dengan judul karya “Luna”.

Runner Up Putri Pajak Wil. Jatim 2010, Finalis & Yuk Persahabatan Duta Wisata Cak Yuk Kab.Pasuruan 2010, Finalis Duta Wisata Joko Roro Kab.Malang, MC, dan  Model-  Andi Aprilliyani berpasangan dengan Ketua Teater Sinden- Edwin Gunawan, membacakan nominasi dan pemenang Katagori Karya Alumni terbaik. Pemenangnya adalah Bhekti Setyowibowo dengan karya Petrasalira.

Khusus untuk karya dosen terbaik dibacakan oleh dosen muda yang getol memotivasi karya mahasiswa- Rosiana Febrianita dan Rahadi. Pemenangnya Novin Farid Styo Wibowo untuk Karya Terbaik dengan judul Layar Kacau. Apresiasi dewan juri yang disampaikan oleh Arfan Pradana-  alumni, dosen, dan juri berbagai festival film indie, diberikan kepada Sugeng Winarno dan farid Rusman utuk karya dosen dengan Sinematografi Terbaik adalah Sugeng Winarno dan Semangat Berkarya!.

Awarding Night yang didesain bak Malam Penganugrahan FFI itu juga menampilkan pertunjukkan teater, penyanyi solo, duet, Folk Song, dan band dari warga Ikom UMM. Tampil para mahasiswa dengan suara emas Wulan & Damar Wulan yang diiringi gitar akustik petikan Zul Kaperisina- putra Ambon multi talenta di bidang music, Erdha-Virgi-Ian  yang bergabung dalam"D'Kom_One Vocal Group", Kraft and Friends, serta penampilan spesial dari Goodboy Jimmy band & Brigade 07 band. Tidak ketinggalan gelak tawa penampilan tunggal Stand Up Comedy yang luar biasa oleh Sugeng Winarno, MA.  

Selain mahasiswa Ikom, siswa SMU/SMK dan para guru pendamping, dan alumni, nampak hadir Ketua Jurusan beserta Sekretaris Jurusan, dosen Jurusan Ikom dan mantan Kajur. Suasana sedikit haru manakala seluruh mantan Kajur- Budhi Suprapto, Farid Rusman, Abdullah Masmuh, dan isteri mendiang (alm) Prof. Dr. Hamidi- bersama Kajur Ikom saat ini memotong Kue Tart dan berkenan menerima kenang-kenangan potret diri dalam format Pop Art.  Mantan Kajur yang berhalangan hadir adalah Magdalena Asmajasari, Muslimin Machmud, dan Joko Susilo. Kenang-kenanan disampaikan sebagai wujud rasa terimakasih atas curahan pikiran, waktu, dan tenaga para mantan Kajur dalam merintis, membangun, dan mengembangkan Jurusan Ikom UMM.

Dalam sambutannya, baik Ketua Panitia- Faisal Reynaldi maupun Ketua AV Club- Priyuda Anangga Dipa menyampaikan harapan event ini bisa diselenggarakan secara rutin dan rasa terimakasih kepada para sponsor, yaitu AXIS, Semen Gresik, Taman Selecta, LLHandphone, Ria Djenaka, Teh Racik, HafisJaya Grup, Allweida Group, TogaMas, Elfara School 999, Vorteg Cloth, serta Media Partners: Trans7, Radar Malang, Twitter Plotpoint, dan Radio Elfara FM.

Sementara Ketua Jurusan Ikom- Frida Kusumastuti berharap Workshop, Adu Karya & Awarding ini merupakan semangat yang tidak pernah berhenti untuk karya-karya Audio Visual. Terutama yang berbasis komunitas, dan karya yang berkwalitas dalam menghadapi gempuran produk  industri media AV nasional. (nonk) 

----------------------------------------------------------------------

 AV Club Gelar Workshop Video Komunitas

 

Memperingati 25 tahun Jurusan Ilmu Komunikasi, AV Club mengadakan workshop “Video Komunitas" untuk siswa SMU/SMK se Malang Raya, Selasa (13/9), tepatnya di Aula Masjid A.R Fachrudin. Workshop yang merupakan serangkaian AKAR (Adu Karya) Indonesia ini berhasil menarik simpati pelajar  SMA/SMK se-Malang Raya. Panitia hanya membatasi 80 peserta demi efektivitas workshop..

Ketua panitia Faisal Reynaldi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong pelajar SMA- SMK se-Malang Raya yang memiliki kemampuan sebagai film maker. Selain itu mereka dapat  mengetahui perubahan terhadap masalah- masalah yang terjadi dimasyarakat dan dapat menuangkannya secara visual melalui Video Komunitas. 

“Dengan adanya Video Komunitas, berbagai masalah- masalah penting di masyarakat dapat disampaikan kepada khalayak umum,” ujar Taufan Agustian,  salah satu pemateri workshop yang juga merupakan alumni Ikom UMM, pemenang Metro TV Eagle Award 2009

Dalam Workshop tersebut peserta terlihat sangat tertarik dan antusias mengikuti berbagai macam materi. Suasana serius, santai dan dialogis sepanjang kegiatan nampak  sesuai dengan jiwa dinamis para pelajar. Peserta dibekali bagaimana cara menulis naskah yang benar, lalu diberikan  materi sinematografi, begitu juga cara pengambilan gambar yang benar. Akhirnya, peserta didampingi memproduksi film bertema Video Komunitas. Panitia  memberikan waktu selama 4 hari agar peserta dapat menggarap produksi filmnya dengan matang. Hasil karya peserta kemudian dinilai oleh Dewan Juri untuk mendapatkan penghargaan bagi yang terbaik.

Ditemui saat coffebreak, peserta workshop memaparkan bahwa mereka merasa benar- benar baru mengetahui berbagai istilah dan aturan dalam membuat video komunitas. Hal tersebut sangat menunjang mereka untuk dapat lebih berkreativitas. Para peserta merasa sangat beruntung mengikuti kegiatan ini. Apalagi para pematerinya adalah alumni Ikom UMM yang kompeten di bidangnya. Selain Taufan Agustian, AV Club menghadirkan alumni Rinto- penggiat karya AV- pemilik RollCamWork PH & Studio, dan Tedika Puri, alumni yang pernah masuk finalis Metro TV Eagle Awards 2008. (dewi/fk)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image