Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Bangun Eskternal dan Internal Relation, Mahasiswa PR Lakukan Tanam Pohon, Lepas Burung dan Outbond

Author : Administrator | Jum'at, 23 November 2012 16:21 WIB
Mahasiswa Prodi Komunikasi menjadi pelopor gerakan penghijauan di Coban Rondo 

 Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kosentrasi Public Relations (PR) angkatan 2009 telah mengadakan dua kegiatan yang bertajuk kebersamaan. Kegiatan tersebut berhubungan dengan mata kuliah yang sedang mereka ambil yaitu Eksternal dan Internal Public Relations. Demi terlaksananya acara tersebut, tak tanggung-tanggung mereka menggandeng PT. POS Indonesia cabang Malang, Radar Malang, Perhutani Malang, serta Pertanian dan Kehutanan Malang sebagai sponsor kegiatan.

Ada dua kegiatan besar yang mereka lakukan, outbond dan penghijauan. Sebagai mahasiswa Komunikasi, mereka tak hanya belajar keilmuan saja namun juga perlu mengoptimalkan kepedulian dengan program-program lingkungan. Kegiatan dua acara ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu outbond pada tanggal 19-20 November 2011 dan kegiatan “Go Green” pada 24-25 Desember 2011. Outbond diadakan di Coban Rondo, Batu Malang. Bersama dosen pengampu mata kuliah tersebut, Anna Maria Ulfa mereka belajar bagaimana menjadi tim yang kompak dan saling memahami satu sama lain. “Jumlah peserta yang ikut ada 100 mahasiswa,” ujar Hari Purwanto, ketua pelaksana kegiatan. Ia juga menambahkan, tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk menciptakan kerja sama di dalam kelas. Oleh karena itu permainan-permainan yang ada juga terkonsep sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tujuan dari kegiatan tersebut.

Selain mengadakan permainan-permainan inovatif, para mahasiswa PR ini juga mendapatkan materi tentang wawasan diri dan pengenalan jati diri oleh dosen Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang, Muhafid Muharram. Dalam materinya, ia menjelaskan bahwa bagaimana seseorang harus bisa mengenal dirinya sendiri dengan baik agar dapat mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Kegiatan Eksternal Relations berikutnya adalah kegiatan “Go Green” yang mengusung tema besar  “Hijaukan Panderman, Lestarikan Hutan, Selamatkan Masa Depan”. Mereka mengadakan penghijauan ini di Bukit Panderman. Seperti kegiatan sebelumnya, untuk kegiatan ini juga dilakukan selama dua hari berturut-turut (24-25/12). Panitia pun berhasil menjalin kerjasama dengan PT POS Indonesia Cabang Malang, Kolam Renang Sebanen, Swedish Match, SMKN 5 Malang, SMKN 1 Malang, dan Radar Malang. Pihak Perhutani Malang pun bersedia memberikan 1600 bibit mahoni dan sengon yang nantinya akan ditanam di Bukit Panderman. Tepatnya di Dusun Toyomerto Desa Pesanggrahan Kabupaten Batu. “Penanaman bibit itu kami fokuskan di petak 227B. Pemilihan lokasi ini dikarenakan petak ini pernah mengalami kebakaran yang disebabkan oleh pemanasan hutan. Selain di petak 227B kami juga menanam di puncak bukit,” tutur Hari. Penanaman bibit mahoni ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa PR saja, namun juga dibantu oleh siswa-siswi dari SMKN 5 Malang dan SMKN 1 Malang yang sudah mendaftar dan para pramuka dari UKM Pramuka “Racana” UMM. Mereka juga dibantu oleh lurah dan penduduk setempat. Penduduk setempat pun berinisiatif untuk memberikan hiburan pada peserta dengan menampilkan musik di dangdut yang digelar di SDN Pesanggrahan 02.

Sebagai acara penutup, panitia didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah, Ana Maria Ulfa, melepas 500 ekor anak burung. Selain itu, juga ada pembagian buku gratis untuk warga sekitar sebagai bentuk kelanjutan acara bakti sosial yang mereka laksanakan. “Acara ini dilaksanakan dengan tujuan agar kita bisa berinteraksi dengan lingkungan di luar kampus. Ini merupakan bentuk dari eksternal relations sesuai denga ilmu yang sudah kami pelajari selama ini. Kita belajar bagaimana mengajak beberapa pihak agar bersedia bekerja sama dalam kegiatan kita dengan menjadi sponsor atau ikut membantu dalam pelaksanaan kegiatan,” ungkap Subur, salah satu panitia. (FJ/wnd)

Sumber: Communication Newsletter/Januari 2012

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image