Concern IKOM UMM pada Community Marketing & Destination Branding

Senin, 17 September 2018 11:50 WIB

Rizky Kurniawan, Head of Marcomm Travelling Yuk.com saat sharing Community martketing & destination branding di depan praktikan PR 2 (PR Management)

 

Sebagai salah satu peminatan yang cukup populer di Prodi Ilmu Komunikasi, Public Relations (PR) melalui praktikum II-nya yang fokus pada manajemen strategi PR kali ini mengambil tema “Community martketing & destination branding”.

Salah satu perusahaan yang siap berpartner dan menjadi klien pada praktikum PR 2 semester ini adalah Travelling Yuk. com, perusahaan yang fokus pada konten destinasi wisata.

Hadir Rizky Kurniawan, Head of Marcomm Travelling Yuk.com, salah satu pemateri dalam kegiatan KUPER kali ini.

Destination Branding merupakan program yang saat ini gencar digalakkan oleh Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan potensi wisata di Indonesia.

Seiring dengan dikembangkannya beberapa destinasi Bali Baru, Destination Branding adalah upaya yang dilakukan untuk  memperkuat positioning dari Wonderful Indonesia sekaligus menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Travelingyuk.Com juga mengajak anak muda Indonesia untuk turut aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, salah satunya dengan menyalurkan ide kreatifnya melalui program-program Public Relation dalam praktikum ini.

Dalam kesempatan ini, Rizky, selain memberikan pengetahuan dan pengalamannya di bidang Marketing Communication dan Destination Branding, juga memberikan brief case yang selanjutnya akan difollow up oleh peserta praktikum. "Kami sangat terkesan dengan kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM dengan project Kampung Warna-Warni Jodipan yang saat ini menjadi salah satu ikon destinasi wisata Kota Malang. Kami berharap akan ada banyak ide-ide baru dari teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM. Disini kita ingin membuat impact untuk pariwisata Indonesia, dan saya yakin kalau teman-teman bisa membuat suatu konsep yang menarik yang nantinya kita bisa implementasikan bareng-bareng” ungkapnya.

Sementara untuk praktikum PR 3 yang berfokus pada PR Event management akan melanjutkan program Destination Branding: Discover Gresik. Program ini adalah lanjutan kerjasama yang terbentuk antara Kota Gresik dan Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM. 

Hadir juga Salis Fitria, alumni Ilmu Komunikasi Public Relations UMM yang juga salah satu Tim  GuysPro (Guys of Public Relation), inisiator sekaligus kreator Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ). 

Salis mengungkapkan bahwa bagian paling penting dari membuat Destination Branding adalah mendekatkan diri padawarga yang wilayahnya siap jika akan dijadikan destinasi wisata. Hal ini merupakan suatu yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa dalam melaksanakan event dan proyek Destination Branding: Discover Gresik ini dapat berjalan dengan baik dan Sustainable, agar pada saat mereka telah selesai dalam mengerjakan tugas praktikum, destinasi wisata yang telah berjalan tidak terbengkalai dan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Reporter: Afifah Rahmawati

Editor: Widiya Yutanti

Shared: