Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Fotografer Senior Koran Sindo Bagi Kiat Foto Jurnalistik

Author : Administrator | Jum'at, 31 Mei 2013 15:20 WIB

MENJELASKAN – Astra Bonardo saat memberikan penjelasan tentang foto jurnalistik pada koran SINDO (24/05). (Fandi/MM)

Bersamaan dengan acara Workshop “Konvergensi Media di Era Cyber”, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan  Coaching Clinic Fotografi bertempat di  ruang Studio Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM Jumat (24/05).  Pemateri acara itu Astra Bonardo (Ibon) redaktur senior fotografi Koran Sindo.

Dalam acara itu Ibon membagikan tips membuat foto jurnalistik pada 28 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Menurut alumni Jurnalistic Fotografi Club (Jufoc) UMM ini menjadi fotografi itu soal manajemen waktu. Mahasiswa harus bisa membagi waktu antara organisasi dengan kuliah. 

 “Jadi orang jangan setengah-setengah, jika fokus di organisasi, fokuslah, jika fokus kuliah, fokuslah. Namun bukan berarti kita mengabaikan kuliah, tetap kita juga harus bisa balance-lah antara kuliah sama organisasi,” demikian Ibon menjelaskan lebih lanjut.

Mas Ibon, begitu sapaan akrabnya, juga membahas tentang bagaimana menjadi seorang pewarta foto, tugas seorang pewarta foto,  kesiapan-kesiapan yang harus dilakukan oleh seorang pewarta foto, tips memotret foto jurnailstik baik di sisi komposisi, angle foto dan pengisian caption, dan membahas bagaimana foto yang ditampilkan di Koran Sindo baik di Headlinemaupun di isinya.

Acara yang dihadiri sekitar 28 mahasiswa komunikasi dan bebarapa alumnus UMM berjalan dengan lancar dan santai, meskipun acara dimulai pukul 14.15 WIB dan para hadirin sudah datang pukul 13.00. Ini dikarenakan pemateri masih menghadiri pembukaan seminar jurnalistik di tempat terpisah.  (fwar/mm)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image