Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Gelaran Akar Indonesia, Persembahan AV Club untuk 25 Tahun Prodi Ilmu Komunikasi UMM

Author : Administrator | Kamis, 08 November 2012 13:02 WIB
 
Pemberian Penghargaan kepada pemenang dalam acara Awarding Adu Karya Anak Negeri, tampak Arfan Adi (ki) dan Sugeng Winarno (ka)

 

Dalam rangka ulang tahun ke 25 Prodi  Ilmu Komunikasi UMM, AV Club, salah satu komunitas dari komunitas-komunitas belajar di Prodi Ilmu Komunikasi UMM, menggelar event  Akar Indonesia. Event yang berfilosofikan “setinggi apapun kualitas karya dan hidup yang sudah dihasilkan tidak boleh melupakan akar dimana kita memulai” ini berlangsung dari 13 hingga 29 September 2011 di aula masjid lt1 AR. Fachrudin dan basement dome UMM.

Event pertama AV Club ini lahir dari keinginan untuk turut serta menyemarakkan ulang tahun Prodi ke 25 tahun. Event Akar Indonesia merupakan salah satu persembahan perayaan ultah jurusan selain “Communination” yang dipersembahkan oleh komunitas Eskalator dan “Moco Moris” oleh Journalistic Club (JC).

Bertemakan “Beri Warna Indonesia Dengan Karya Anak Bangsa” Akar Indonesia terdiri dari tiga acara, yang pertama yaitu workshop video komunitas untuk pelajar SMU/ SMK se Malang Raya, yang dilaksanakan pada 13 September 2011 dengan tema “Sadar Realitas Melalui Kreatifitas Dalam Video Komunitas”. Workshop ini diikuti oleh beberapa SMU/SMK se-Malang Raya diantaranya SMK 5 Muhammadiyah Kepanjen, SMKN 3 Batu dan SMUN 2 Batu dengan jumlah total 16 tim.

Pemateri wokshop dihadirkan dari kalangan yang akrab dengan karya-karya audio visualnya sekaligus merupakan alumni Ilmu Komunikasi UMM. Diantaranya, Tedika Puri Amanda, pemenang Festival Film Dokumenter 2008, Taufan Agustiyan, pemenang Favorit Juri Eagle Award 2009 dan Rinto Agung, pemilik PH RollCamWork.

Selain ada workshop juga ada Adu Karya dan Pemutaran Karya dengan tajuk “Cerita dalam Ruang Karya”. Kegiatan ini terdiri dari beberapa sub acara, yakni produksi video komunitas pada 17 – 21 September 2011, kurasi karya tanggal 23-24 September 2011 dan penjurian pada 25-27 September 2011. Lomba adu karya ini dibagi menjadi beberapa kategori; Editing Terbaik, Fiksi terbaik, Sinematografi Terbaik, Karya Alumni Terbaik, Karya Dosen Terbaik, Video Klip Terbaik, Video Komunitas Terbaik, dan Tim Produksi Video Komunitas Terbaik. Pemutaran karya yang lolos kurasi bertempat di basement dome UMM pada 29 September 2011 pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Malam penganugrahan untuk karya-karya yang lolos penjurian berlangsung meriah dengan beberapa pengisi acara, yaitu; penampilan teater Sinden, persembahan alumni kraftiana and friends, stand-up comedy oleh salah satu dosen jurusan Ilmu Komunikasi UMM, Sugeng Winarno, duo Wulan, dan d-kom one vocal group. Bertemakan “Persembahan Karya Untuk Indonesia”, acara yang berlangsung di basement dome UMM pada 29 September 2011, dimulai pukul 18.30 dan berakhir pukul 22.30.

Acara dimeriahkan dengan pembacaan nominasi dimeriahkan oleh mahasiswa mahasiswi berprestasi Ilmu Komunikasi UMM, diantaranya Reza dan Rahman yang baru saja kembali dari Eropa setelah menempuh program student exchange Erasmus Mundus selama 6 bulan di Eropa. Acara potong kue dengan mengundang ketua jurusan, Frida Kusumastuti dan beberapa mantan ketua jurusan naik ke panggung turut memeriahkan suasana. Ditemui terpisah ketua Panitia, Faisal Reynaldi menyatakan kegembiraannya dengan pengalaman bergabung sebagai tim Event Organizer untuk perayaan ulang tahun Prodi. “Ini pengalaman baru yang menggembirakan. Meski ada beberapa kendala teknis, tapi acara kami terbilang cukup sukses,” ujar Faisal.

Sementara itu, ketua AV Club, Priyuda Anangga Dipa tak lupa menyampaikan rasa terimakasih untuk jurusan, atas kesempatan dan dukungan penuh pada event Akar Indonesia ini. “Tanpa adanya dukungan dari seluruh civitas, kami mungkin tidak akan punya kesempatan untuk belajar tentang sebuah hal yang bisa jadi merupakan salah satu cerita terhebat sepanjang sejarah hidup kami.” tandasnya kemudian.

Acara yang disponsori oleh PT.Semen Gresik, AXIS, The Racek, Togamas, Taman Selecta, Ria Djenaka, HafisJaya Grup, Allweida Group, Elfara School 999, Vorteg Cloth, LLHandphone serta Media Partners: Trans7, Radar Malang, Radio Elfara FM dan Twitter  Plotpoint ini ditutup dengan penampilan Brigade 07 dan Goodboy Jimmy yang mengajak seluruh penonton dan panitia bernyanyi bersama. (rf/wnd)

Sumber:
Communication Newsletter/Januari 2012

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image