Kelas Inspirasi Lab Ikom ‘Pindah’ ke Jakarta

Author : Administrator | Minggu, 11 Februari 2018 16:39 WIB

Sharing dengan Nasrulah, dosen Ikom yang menjabat sebagai Stafsus Mendikbud

 

Kelas inspirasi, forum sharing alumni dan mahasiswa yang biasa digelar di mini theater lab Ikom, kali ini berlangsung spesial karena ‘dipindah’ ke Jakarta. Jika biasanya alumni yang mendatangi adik-adiknya di kampus, kali ini giliran mahasiswa yang langsung mengunjungi alumni di ibukota.

Ya, Kelas Inspirasi kali ini bertepatan dengan pelaksanaan Studi Ekskursi Ikom 2018 yang digelar tanggal 7 Februari 2018 di lobby hotel Pop Kemang. Kelas Inspirasi ala-ala SE ini dihadiri oleh sejumlah alumni Ikom UMM yang berdomisili di Jakarta. Ada Nichmatus Solikhah yang bekerja sebagai reporter di TV One, Nugraha Wirian dari Net TV, Triani dan Bagas dari Bukalapak, dan Tommy dari icomers. Momen sharing dengan alumni ini pun dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta SE. Mereka banyak bertanya tentang pengalaman-pengalaman senior yang sudah malang melintang berkecimpung di dunia praktisi ilmu komunikasi.

Andre, salah satu mahasiswa angkatan 2016, sangat antusias ketika Nichmatus Solikhah, atau yang biasa dipanggil Nichmah berbagi pengalaman saat menjadi reporter di TV One. Nichmah menceritakan tantangan-tantangan yang ia hadapi saat menjadi reporter lapang TV One. Penampilannya yang berhijab pun menjadi tantangan tersendiri. Khususnya saat ia harus meliput dunia malam dan terpaksa harus blusukan ke diskotik-diskotik di Jakarta. “Kata mbak Nichmah, jadi reporter itu seru, harus profesional. Keren banget pokoknya. Bagaimana kita harus patuh pada deadline, belum lagi tantangan-tantangan saat di lapangan,”ucap Andre saat ditanya kesannya tentang Kelas Inspirasi edisi istimewa ini.

Ki-ka : Nichmah, Tommy, Bagas, Rian, Triani saat sharing pengalaman di Kelas Inspirasi

Menurut Jamroji, M.Comms, Kepala Lab Ikom sekaligus dosen pendamping SE mengatakan, forum sharing pengalaman dengan alumni menjadi sesuatu hal yang sangat penting mengingat forum-forum informal seperti ini bisa menjembatani gap antara dunia akademisi dan dunia praktisi. “Selain itu juga untuk menguatkan jaringan mahasiswa dengan dunia luar. Alumni pun meskipun sudah berada di luar kampus juga tetap bisa berinteraksi dengan almamaternya. Sinergi ini harus dipertahankan, bahkan akan menjadi agenda rutin untuk SE yang akan datang,” jelas Jamroji.

Selain sharing dengan alumni, pada Kelas Inspirasi ini, peserta SE juga sharing pengalaman dengan Nasrulah, M.Si, dosen Ikom UMM yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Mendikbud di Jakarta. (wnd)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image