Lab Ikom UMM Sambut Kunjungan dari Cirebon

Kamis, 29 Maret 2018 17:05 WIB

Kunjungan dari Unmuh Cirebon

Hari ini, Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM mendapat kunjungan spesial. Dikatakan spesial karena kali ini kunjungannya berasal dari wilayah yang cukup jauh dari Kota Malang. Hari ini, 29 Maret 2018, Ikom UMM mendapat kunjungan dari ‘saudara jauh’ yaitu dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon, Jawa Barat. Kunjungan dari Cirebon ini sekaligus sebagai upaya menjalin silaturahim antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Rombongan sebanyak 50 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa semester enam memenuhi ruang mini theater Lab Ikom UMM. Mereka disambut oleh Kaprodi, sekprodi, dan pengelola Lab Ikom UMM. Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon, Ahmad Yusron, M.Si mengatakan bahwa pihaknya ingin belajar tentang pengelolaan lab dan praktikum. “Kami kesini selain ingin silaturahim juga sekaligus ingin belajar langsung tentang lab dan praktikum. Sebab di kampus kami, motivasi mahasiswa masih kurang kuat, karya praktikum juga masih berupa simulasi, belum real dan kurang kreatif. Oleh karena itu kami berkunjung kesini dengan harapan bisa dapat tambahan ilmu bagaimana mengelola lab dan karya praktikum,”ungkap Ahmad.

 

Kunjungan dari Cirebon ini memberi kesan tersendiri bagi kedua belah pihak. Pada pertemuan yang berlangsung sejak pukul 12.30 hingga pukul 16.00 WIB itu, para peserta kunjungan mendapatkan pemaparan langsung dari mantan kepala lab Ikom UMM, Jamroji, M.Comms. Mantan kepala lab yang kini menjabat sebagai Humas FISIP tersebut menjelaskan tentang program-program unggulan lab dan mekanisme praktikum mulai dari praktikum untuk peminatan jurnalistik, public relations dan audio visual. Rombongan dari Cirebon ini juga berkesempatan untuk melakukan tour de lab dan sempat masuk di kelas Tutorial Jurnalistik 2 serta menyaksikan preview one minute reporting. Widiya Yutanti, M.A, dosen yang mengampu tutorial jurnalistik 2 memberikan gambaran singkat tentang bagaimana proses praktikum jurnalistik 2 ini.

Suasana tour de lab: masuk ke kelas tutorial praktikum JR 2

Berbagi ilmu adalah berbagi kebermanfaatan. Kunjungan dari Ikom Universitas Muhammadiyah Cirebon tak sekedar berbagi ilmu pengelolaan Lab, namun Prodi Ikom UMM juga belajar dari tamu yang berkunjung. Hal ini diakui oleh Kaprodi Ikom UMM, Himawan Sutanto, M.Si.“Kami berharap, semoga kawan-kawan yang datang jauh-jauh dari Cirebon ini bisa mengambil manfaat dari kunjungan hari ini. Kami pun sebenarnya masih belajar, dari kunjungan ini pada hakikatnya kita bisa sama-sama saling belajar dan sharing pengalaman,”tuturnya. (wnd)

Shared: