Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

M. Zulfikar Akbar, Juara 2 Penulisan Feature Pekom UI

Author : Administrator | Selasa, 23 April 2013 15:12 WIB
M. Zulfikar Akbar (mahasiswa Ilmu Komunikasi 2012)

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) patut berbangga karena mahasiswanya menjadi juara kedua dalam Pekan Komunikasi 2013. Muhammad Zulfikar Akbar sukses mencatatkan namanya sebagai pemenang dalam kategori News Feature setelah bersaing dengan sepuluh finalis lainnya dari kampus berbeda seperti Universitas Bunda Mulia (UBM) tiga orang, Universitas Padjajaran (Unpad) empat orang, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, dan Universitas Sebelas Maret Solo masing-masing satu orang.

Zulfikar –sapaan akrabnya– mengaku bangga dan senang dengan capaiannya kali ini. “Alhamdulillah bisa meraih juara kedua. Ini prestasi saya yang pertama di tahun pertama saya kuliah disini (UMM, Red.),” ungkap Zulfikar. Mengambil tema banjir di Kampung Pulo, kelurahan Kampung Melayu Jakarta Timur, Zulfikar menulis featurenya dengan judul ‘Siaga Banjir, Pengawasan Gunakan Facebook’ ini dinilai oleh tiga juri dari dosen UI, wartawan Kompas dan Tempo sebagai yang terunik dibanding kesembilan tulisan lainnya. “Iya jurinya bilang unik soalnya jarang ada yang angkat isu ini,” kata Zulfikar.

Proses penulisannya juga tergolong singkat. Kata Zulfikar, usai meliput pada Rabu (17/4), keesokan harinya pukul 08.00 WIB tulisan sudah harus dikirim. “Saya ngirim tulisannya pas pukul 12 malam. Cari idenya susah, juga terbatas pada jumlah karakter yang diminta panitia,” ujarnya. Tak disangka, ternyata ia mampu menjadi juara kedua ketika pengumuman pemenang di malam penganugrahan. “Pas tahu jadi juara kedua, senang bukan main pokoknya,” katanya.

Sesaat setelah penganugrahan pada Jumat (19/4) malam, Zulfikar yang juga General Manager Media Mahasiswa ini mengaku langsung dihubungi oleh Ketua jurusan Ilmu Komunikasi, Nurudin. “Bapak (Nurudin, Red.) langsung mengirim pesan singkat bunyinya kurang lebih ‘Selamat menjadi juara kedua. Kami bangga’,” ucapnya sambil menirukan bunyi pesan singkat dari Nurudin. Tak hanya itu, dari pantauan media ini, di Twitter langsung banjir ucapan selamat. Seperti akun salahsatu dosen UMM, Isnani Dzuhrina (@isnani_dzuhrina). “Selamaaaaatttttt!!! Traktirannya #eh ceritanya ditunggu :D @mzulfikarakbar,” katanya dalam akun twitternya.

Pekan Komunikasi ini diselenggarakan pada Selasa (16/4) hingga Jumat (19/4) lalu. Juara pertama diperoleh Dini Nurhadi Yasyi dari Unpad dan juara ketiga diperoleh Suci Amelia Harlen juga dari Unpad. UMM sendiri mengirimkan kesembilan wakilnya yang terdiri dari delapan mahasiswa Ilmu Komunikasi dan satu mahasiswi Akuntansi (mza)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image