Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Meet and Greet Anggota Muda JC 2012, Be A Jornalist To Change Your Life

Author : Administrator | Jum'at, 23 November 2012 16:43 WIB

Meet and Greet & Diklat Ruang anggota muda JC 2012-2013 (25/5/2012) di aula Masjid Lt. 1 UMM 

 Menulis kreatif? Siapa takut. Sebagai seorang calon jurnalis, Jurnalistik Club, salah satu komunitas peminat jurnalistik di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Open Recruitmen untuk mahasiswa yang ingin bergabung menjadi aggota muda JC. Open Recruitment (OR) bagi calon anggota muda JC, pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 – 23 Mei 2012 lalu dan setelah dilakukan seleksi, ada tujuh belas mahasiswa yang berhasil menjadi anggota muda JC.

          Tidak hanya berhenti sampai di OR saja, J_Crew sapaan bagi anggota JC telah mempersiapkan meet and greet serta diklat ruang bagi anggota mudanya yang dilaksanakan Jum’at 26 Mei 2012 bertempat di Aula Masjid Lt.1 UMM. Acara yang dikemas secara sederhana ini sengaja dibuat agar masing – masing anggota muda JC saling mengenal satu sama lain, dan tak terkecuali juga bisa lebih akrab dan mengenal J_Crew periode 2011 dan pengurus saat ini.

          Acara tersebut menghadirkan beberapa pengurus JC tahun 2011 yang telah berpengalaman menjadi praktisi di dunia jurnalistik, baik di media cetak, media online, bahkan radio. Dalam meet and greet tahun ini, JC mengundang tiga JC crew dan alumni JC crew yang didaulat menjadi pembicara. Ketiga crew dan eks crew JC itu antara lain Ditalia Ike Mufridah, S.Ikom, alumni Ilmu Komunikasi yang kini menjadi senior editor di Deteksi Jawa Pos. Selain Dita, juga ada Yoga Tri, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang saat ini aktif sebagai reporter di gerbangnews.com dan Silvia Aria Sasmita, penyiar Radio Andalus FM. Jika Yoga membagikan ilmunya tentang photo journalistic, Silvia urun tips tentang bagaimana menjadi waratawan media elektronik (radio.red) dan teknik menulis feature. Anggota muda JC yang hadir terlihat lebih antusias ketika Dita dan Silvia menantang mereka membuat tulisan dalam waktu lima menit saja.

          Acara meet and greet ini dibuka langsung oleh ketua jurusan Ilmu Komunikasi, Nurudin,M.Si. Selain sebagai ketua jurusan, Nurudin adalah Pembina JC. Penulis produktif yang telah menelurkan 13 judul buku ini berbagi ceritanya saat belajar untuk menulis. Ia memberikan motivasi pada anggota muda JC untuk menulis. Memulai menulis bisa diawali dengan menulis apa saja yang ada di pikiran masing-masing. Nurudin mengatakan masing – masing club pasti mempunyai ciri khas masing – masing, ciri khas dari JC adalah selalu konsisten membuat buku, "JC identik dengan buku dan ini yang menjadi ciri khas dari JC. OLeh karena itu semua crew JC harus berani untuk membuat tulisan," kata Nurudin.

          Salah satu pembicara, Dita, yang saat ini sedang menyelesaikan buku perdananya, juga memberikan tips menarik bagaimana mengatasi “Galau Menulis” serta menulis kreatif. M Rasyid Ridho, ketua umum mengatakan bahwa tahun ini JC akan membuat gebrakan baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, “Insyallah kami akan membuat gebrakan baru dalam pembuatan buku untuk tahun ini, kami akan mencoba menulis kreatif. Jangan pernah takut menulis, tulislah apa yang saja yang ingin kalian tulis, and don’t be afraid to be a Journalist, Be A Journalist To Change Your Life,” ungkap Ridho (am)

Sumber: Communication Newsletter/Juni 2012

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image