Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Nasionalisme Versi Ultah Prodi

Author : Administrator | Kamis, 08 November 2012 13:09 WIB
 
Tiup lilin pada puncak Acara 25 tahun Prodi Ilmu Komunikasi (2011). Tampak para Ketua dan Mantan Ketua Prodi Abdullah Masmuh, Farid Rusman, Budi Suprapto, Istri Prof. Hamidi (alm), Frida Kusumastuti

 

Demam Communination sangat terasa ketika memasuki ruang Prodi Ilmu Komunikasi di 609. Puluhan flyer, standing banner dan tempelan unik memantik rasa penasaran setiap orang yang berkunjung. Ya, Communination sedang menyebarkan ‘virus-virus nasionalismenya’. Acara peringatan ulang tahun ke 25 Prodi Ilmu Komunikasi UMM ini memang berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Dalam rangkaian ulang tahun Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMM, Prodi bekerjasama dengan komunitas PR, Eskalator PR Community menggelar perayaan besar-besaran bertajuk “Communination: The Spirit of Nationality Revolution.” Terdiri dari 5 rangkaian acara, yakni, PRAddiction, AD Award, Workshop Periklanan, Seminar Cinta Indonesia ditutup dengan perayaan malam puncak peringatan ulang tahun Prodi, Gathering Night yang bertemakan “The Great Expectation.”

Acara yang bisa dibilang paling menyedot banyak pengunjung adalah Gathering Night. Dikemas dengan konsep Malam Keluarga Ikom, Gathering Night dihadiri kurang lebih 800 orang, diantaranya, para juri dan finalis berbagai universitas, seperti UI, Unpad dan UGM, jajaran dekanat, dosen dan karyawan FISIP beserta keluarga, perwakilan komunitas-komunitas mahasiswa, serta mahasiswa aktif dan alumni. Ketua panitia Communination, Nisa Amelia mengatakan, dalam peringatan ulang tahun ke 25 Ilmu Komunikasi ini, panitia memang ingin mengemasnya dengan konsep yang berbeda.”Kami berusaha semaksimal mungkin agar ulang tahun komunikasi tahun ini istimewa, mahasiswa dan alumni dapat berbaur dan menikmati sajian acara yang kami persiapkan. Sengaja kami desain seetnik mungkin agar kita bisa merasakan nasionalisme melalui nilai-nilai tradisional warisan budaya yang memang harus kita pertahankan. Kami juga berterimakasih pada teman-teman dari Himakom, dan semua komunitas yang ada di Komunikasi, seperti JUFOC, AV Club, Tripod, PR Club, Kociris dan MT Quard yang sudah bekerja keras ikut menyukseskan acara ini,”ujar Amel.

Perayaan ultah perak komunikasi ini memang benar-benar meriah. Ingin tahu bagaimana para dosen main band? atau ingin tahu bagaimana pertunjukan aksi-aksi seni mahasiswa Komunikasi? Bertempat di hall DOME UMM, Gathering Night dibuka dengan penampilan band dari perwakilan mahasiswa angkatan 2007. Para dosen yang digawangi oleh Sugeng Winarno, MA tak mau kalah menghadiahkan sejumlah lagu di malam puncak perayaan ulang tahun Komunikasi. Siapa yang menyangka jika pak Sugeng yang kocak itu ternyata jago main drum, bu Arum yang ceria ternyata juga punya suara merdu, tak kalah dengan penyanyi papan atas. Sejumlah penampilan yang kaya dengan suguhan nilai etnik juga disajikan oleh PSM dan teater Sinden serta grup vocal D’Kom One, Cleotic, dan Ascendio Band.

 Frida Kusumastuti, Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM berharap dengan adanya peringatan ulang tahun ini Komunikasi UMM bisa memberikan nilai lebih pada kemajuan bangsa. “Ekspektasi terbesar saya  selaku Kaprodi Ikom adalah Prodi Ikom untuk bangsa. Dimana tertuang seluruh karya civitas untuk nasionalisme dan SDM lulusan untuk bangsa yang berkualitas,”ungkapnya. (rf)

 Sumber: Communication Newsletter/Agustus 2011

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image