Ikom UMM Kuatkan Komitmen Latih Calon Jurnalis TV Sejak Dini

Rabu, 02 Mei 2018 12:35 WIB

Pucuk dicinta ulam tiba. Seiring semangat prodi untuk menguatkan komitmen melatih calon-calon jurnalis TV, hari ini Lab Ikom UMM mendapat kunjungan dari anak-anak SD. Riuh rendah suara khas anak-anak terdengar memenuhi ruangan mini studio Lab Ikom. Dalam rangka memperingari Hari Pendidikan Nasional tahun ini, kampus UMM mengadakan program ‘Anak SD Masuk Kuliah’, sebuah program menarik yang mengundang anak-anak SD di sekitar kampus agar merasakan bagaimana rasanya menjadi ‘mahasiswa’ dalam sehari. Lab Ilmu Komunikasi pun hari ini (2/5) terpilih menjadi salah satu lab yang menjadi destinasi wisata belajar anak-anak tersebut.

Para siswa happy melihat gambar diri di layar TV

Sekitar 60 siswa SDK Petra Malang dan SDN Girimoyo 2 tampak asyik mengikuti arahan dari dosen dan laboran tentang bagaimana proses membuat program talkshow dan program berita TV. Seperti diungkapkan oleh Rahadi, M.Si, Sekretaris Lab Ikom, anak-anak SD ini terlihat sangat antusias karena kegiatan ini merupakan hal yang baru dan menyenangkan bagi mereka. “Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Anak SD Masuk Kuliah hari ini. Tadi mereka juga sempat menonton tayangan film anak karya mahasiswa Ikom,”ujarnya.

Rahadi, M.Si, mendampingi salah satu siswa saat belajar jadi presenter

Tria, salah satu siswi SDN Girimoyo 2 pun sempat mengungkapkan kegembiraannya belajar menjadi presenter TV. “ Saya senang sekali belajar menjadi presenter TV, rasanya seperti masuk TV beneran. Sebelumnya saya tidak pernah tahu proses di studio itu seperti apa,”ungkapnya.

Satu hari menjadi ‘mahasiswa’ membuat siswa-siswi SDK Petra Malang dan SDN Girimoyo 2 merasakan pengalaman berkesan. Novin Farid, M.Si, Kepala Lab Ikom, menyambut baik program kampus yang mengenalkan dunia kampus untuk anak-anak SD ini. Ia berharap ke depannya, UMM bisa lebih sering menginisiasi program-program kreatif seperti ini. (wnd/erf)

Shared: