Reporter TV 'Ngajar' Ilmu PR, Serunya Sharing Session Bersama Alumni

Selasa, 08 Mei 2018 11:21 WIB

Dalam mengajar, inovasi metode pengajaran dibutuhkan demi membuat suasana belajar mengajar di kelas menjadi lebih bervariasi. Salah satu inovasi menarik yang dilakukan dosen Ikom, Jamroji, M.Comms, adalah dengan mengundang alumni di kelas. Salah satu alumni Ikom UMM yang sukses menjadi reporter TV One, Nikmatus Sholihah, diajak untuk melakukan sharing session bersama mahasiswa kelas Dasar-Dasar PR. Sharing Session bersama alumni ini digelar di ruang 606 GKB 4 saat sesi Kuliah Dasar-Dasar PR berlangsung.

Nikmatus Sholihah, Reporter TV One Saat Sharing Session di Kelas Dasar-Dasar PR

Reporter TV bicara PR?Why not? Nikmah, panggilan akrab Nikmatus Sholihah, adalah alumni Ikom yang mengambil konsentrasi PR saat kuliah. Ia menuturkan ilmu PR yang ia dalami ketika kuliah S1 di Prodi Ikom ternyata sangat bermanfaat dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai jurnalis di TV One. Sebab public relations dan jurnalistik adalah dua bidang ilmu yang saling terkait. “Saya sangat bersyukur kuliah di Ikom UMM. Meski background saya PR, namun saya tidak mengalami kesulitan berarti saat menjadi jurnalis. Sebab kata kunci dari dua bidang ini sama, yaitu integritas. Dalam dunia wartawan, integritas tinggi sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas,”ungkap alumni angkatan 2010.

Atmosfer yang diciptakan dalam praktikum di Lab Komunikasi saat ia kuliah dahulu, diakuinya mampu membentuk karakter dan habit yang sesuai ketika masuk dalam dunia kerja bidang komunikasi. SDM yang bekerja di bidang komunikasi, khususnya dunia jurnalistik harus kuat dalam detail dan riset, memiliki kedisiplinan tinggi dan berkomitmen terhadap deadline. “Jadi dunia PR yang identik dengan riset, detail, deadline, disiplin sangat membantu saya ketika harus menghadapi ritme serupa saat masuk di TV One,”imbuhnya.

Nikmah berpesan sebelum mahasiswa bercita-cita menjadi seorang PR, hal paling dekat dan paling utama yang harus segera dilakukan mahasiswa adalah mem-PR-kan diri sendiri dulu (personal branding, red). Dimana pun ia berada, Nikmah selalu bangga mengenalkan dirinya sebagai lulusan UMM, tak terkecuali pada narasumber-narasumber penting yang ia temui. Kemampuanpersonal branding ini ia pelajari dengan baik saat belajar ilmu PR.

Jamroji, M.Comms, dosen pengampu mata kuliah Dasar-Dasar PR mengatakan bahwa kegiatan sharing session ini penting bagi mahasiswa. “Melalui sharing session seperti ini, mahasiswa akan memperoleh perspektif baru, tidak hanya pada bidang PR namun juga bidang di luar PR. Harapan saya semoga mahasiswa bisa termotivasi,”ujarnya.(wnd)

Shared: