Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Simpul Gerakan Media Literacy: Memotivasi Masyarakat Agar Kritis Terhadap Media

Author : Administrator | Rabu, 07 November 2012 16:17 WIB
 
 

 

Sebagai salah satu pemenuhan tri dharma perguruan tinggi,  Prodi Ilmu Komunikasi UMM kembali menggelar pengabdian masyarakat. Kali ini dengan tema gerakan media literacy. Tema ini dipilih dalam rangka membangun sikap kritis terhadap media, serta cerdas dan bijak dalam menggunakan media. Demikian disampaikan oleh Frida Kusumastuti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMM dalam sambutannya pada acara yang berlangsung pada Senin, 30 Januari 2012 lalu.

Dengan dihadiri oleh 25 ketua KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) se-kota Batu, acara pembentukan simpul ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Sejumlah perwakilan KIM tersebut diantaranya berasal dari Beji, Bumiaji, Tunggulwulung, Oro-Oro Ombo dan dari kecamatan lainnya. Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Pesanggrahan tersebut dimulai dengan presentasi materi oleh Sugeng Winarno. Dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang piawai melakukan  ini memaparkan materinya dengan serius tapi kocak. “Melalui media dapat terjadi fenomena from nobody to somebody atau bahkan sebaliknya,”ujar Sugeng. Dalam menghadapi fenomena seperti itu, selain berpikir kritis masyarakat juga diharapkan ikut bertanggungjawab pada konten media.

Respon peserta terhadap acara pembentukan simpul gerakan media literacy ini sangat positif. Salah satu peserta dari KIM Oro-Oro Ombo, Wariyaji menyampaikan permasalahan etika yang hilang justru karena tayangan-tayangan di media. Beberapa peserta juga sempat mengungkapkan sikap kecewa terhadap salah satu dinas di Pemkot Batu ketika mereka mengkritisi tayangan televisi lokal.

Heru Joko Purwanto, Ketua KIM kota Batu berharap kegiatan pendampingan melek media yang digagas oleh jurusan Ilmu Komunikasi terus berlanjut. Himawan Sutanto, selaku kordonitor tim media literacy menyatakan kesanggupannya untuk menjaga kontinuitas kegiatan ini. “Kawan-kawan dalam tim kami akan terus memonitor dan siap mendampingi aktivitas media literacy atau bahkan simulasi di laboratorium milik jurusan. Lab kami sangat representatif,” ujarnya

Selain memberikan materi terkait media literacy, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk membuat deklarasi pembentukan simpul gerakan media literasi. Deklarasi bersama ini ditandatangani oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Koordinator tim media literacy,perwakilan KIM dari kecamatan Bumiaji, perwakilan KIM kecamatan Junrejo dan ketua KIM Kota Batu. (rf/wnd)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image