SMAM 8 Ciputat: Kunjungan yang Berujung pada Pilihan

Selasa, 23 Oktober 2018 15:39 WIB

Novin Farid Styo Wibowo, Kepala Lab. Komunikasi UMM dalam kunjungan SMAM 8 Ciputat di Lab. Mini Theater

Menjelang Ujian Tengah Semester (UTS), aktivitas di Laboratorium Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) begitu padat. Selain kelas materi dan tutorial beberapa praktikum, hari ini (23/10), ada lebih dari 100 siswa Sekolah Menengan Atas Muhammadiyah (SMAM) 8 Ciputat Jakarta melakukan kunjungan belajar ke Lab. Komunikasi UMM.
 
Para siswa begitu antusias menyimak dan mengapresiasi karya praktikum dari tiga peminatan yang ada di Prodi. Ilmu Komunikasi UMM. Selain itu, mereka juga diajak tour lab ke delapan unit lab yang ada di Lab.Komunikasi, yakni; Lab. Komputer Grafis, Master Control Room, Mini Studio, Lab. Fotografi,Lab. Simulasi Public Relation (PR), Editing Room, Audio Recording Room dan juga Mini Theater yang digunakan untuk presentasi profil Lab. Ilmu Komunikasi, profil UMM, serta video dari hasil karya praktikum mahasiswa.
 
“Ternyata ilmu komunikasi itu keren sekali. Saya jadi tertarik dengan dunia PR”, ujar Afifah Nizma Putri Zatia (17), salah satu siswa SMAM 8 Ciputat. Begitu juga dengan saudara kembarnya, Alya Nizma Putri Zatia (17), “Awalnya saya tidak tertarik, tapi setelah berkunjung ke UMM, saya jadi penasaran dan ingin coba masuk ke dunia broadcasting.”
 
Tidak hanya tour lab, siswa juga diberi pengalaman untuk melihat secara langsung praktikan  Audio Visual 3 yang melangsungkan rehearsal Produksi Program TV di Mini Studio.
Prodi dan Lab. Komunikasi berkomitmen, setiap ada siswa atau institusi yang melakukan kunjungan, tidak hanya dapat sharing dan melihat karya mahasiswa serta fasilitas laboratorium yang dimiliki IKOM UMM, akan tetapi juga diharapkan dapat memberikan edukasi dan literasi tentang bidang komunikasi yang seringkali masih belum difahami dengan baik oleh masyarakat awam. Edukasi dan literasi media menjadi semangat dari setiap kegiatan prodi dan lab, termasuk dalam menerima kegiatan study excursion atau studi banding seperti ini.
 
Reporter : Afifah Rachmawati
Editor: Widiya Yutanti

Shared: