Studi Ekskursi Jakarta-Bandung-Yogyakarta, SE Full Pengalaman!

Sabtu, 10 Februari 2018 16:11 WIB  

Kunjungan ke Hakuhodo Company

 

 

Selama lima hari penuh, mulai 5 Februari hingga 9 Februari 2018, sebanyak 49 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016 dan 2017 mengikuti studi ekskursi atau kunjungan lapang ke sejumlah industri komunikasi kreatif di ibukota. Ada empat tempat yang mereka kunjungi. Didampingi oleh Jamroji, M.Comms selaku dosen pendamping, para mahasiswa secara langsung berkesempatan untuk melihat proses berbagai produk ibndustri komunikasi kreatif, khususnya dalam bidang industri periklanan, public relations dan pertelevisian.

Kunjungan hari pertama adalah menuju Bening Communication. Bening Communication adalah konsultan PR yang konsisten memposisikan diri sebagai perusahaan lokal yang menerapkan standar internasional. Selama tujuh tahun terakhir, konsultan PR ini juga membukukan pertumbuhan pendapatan rata-rata 25%-40% setiap tahunnya. Resmi menjadi perusahaan independen sejak 2008—sebelumnya adalah bagian dari Agrakom PR, Bening Communication mendapat licensed partner dari boutique PR firm atau perusahaan konsultansi komunikasi global Text100. Tak heran jika sebagian besar klien Bening kebanyakan adalah pemain global seperti Lenovo (PC, server, storage, smartphone), Symantec (software keamanan TI), Avaya (contact center, unified communications, networking), dan NSN/Nokia (infrastruktur telekomunikasi). Bahkan GoJek & GrabTaxi (mobile apps) pun mempercayakan strategi komunikasinya pada Bening.

Selain mengunjungi Bening Communication, peserta SE juga mengunjungi CNN Indonesia. Mereka disambut oleh Pimred CNN, Yokosari. “Kami senang hari ini bisa berbagi bersama adik-adik mahasiswa dari Ilmu Komunikasi UMM. Nanti kita bisa langsung berkunjung ke dapur produksi ya agar bisa melihat proses pembuatan program kami,”sambut Yokosari.

Hakuhodo Advertising Company dan Net TV adalah daftar perusahaan yang menjadi agenda kunjungan selanjutnya. Di Net TV mahasiswa sempat mengikuti syuting Ini Talk Show yang ditayangkan secara live. “Kami belajar langsung bagaimana proses produksi TV yang live. Jika di kampus kami juga belajar membuat program TV melalui praktikum audio visual, di Net TV kami langsung melihat produksi live-nya.Sangat menarik,”ungkap Andrian Brahma Putra, ketua panitia Studi Ekskursi Ikom 2018.

 

Peserta SE tampak begitu antusias mengikuti program kegiatan ini. Bahkan beberapa peserta juga tertarik untuk apply magang di beberapa company tersebut. Yasmin, salah satu peserta mengaku bahwa ia ingin sekali nanti bisa magang di Hakuhodo atau di CNN Indonesia. “Saya terkesan sekali dengan dua perusahaan itu, pingin banget nanti bisa magang disana,”ujarnya. (wnd)

Shared: