Tonton Film di Lab Ikom, Para Siswa SMAN 1 Pracimantoro Wonogiri Menangis

Senin, 07 Mei 2018 16:36 WIB  

Prodi Ilmu Komunikasi UMM semakin membuka diri terhadap siapa saja yang ingin belajar Ilmu Komunikasi. Tak terkecuali bagi para siswa SMAN 1 Pracimantoro Wonogiri yang sengaja mengadakan kunjungan ke Laboratorium Ilmu Komunikasi. Sebanyak 70 orang siswa didampingi tiga orang guru pendamping, tampak asyik belajar tentang proses pembuatan film dan pembuatan program acara TV. Acara penyambutan diadakan pada hari Senin (7/5) bertempat di Mini Theater Lab Ikom.

Kunjungan SMAN 1 Pracimantoro Wonogiri di Lab Ikom

Setelah mendapatkan pemaparan dari Kepala Lab Ilmu Komunikasi, Novin Styo Farid W, M.Si, para siswa ini diajak menonton film “Slipit”, sebuah film tentang kisah seorang anak yang tak bisa cebok. Selain film Slipit, mereka juga disuguhi film “Melintas Batas” yang dibintangi dosen Ikom, Jamroji, M.Comms. Tak pelak suasana haru pun menyeruak saat menyaksikan film ini. Hampir sebagian besar siswa terlihat meneteskan air mata. “Cerita film itu seiring dengan semangat siswa-siswi kami, para anak desa, yang juga memiliki semangat tinggi untuk kuliah. Semoga anak-anak kami nanti bisa melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin,”ungkap Istati, S.Pd, sala satu guru pendamping rombongan. Lokasi SsMAN 1 Pracimantoro memang cukup jauh dari kota, sekitar 45 km dari pusat Kabupaten Wonogiri.

Seusai menonton film di Mini Theater, para siswa diajak ke ruang mini studio untuk belajar bagaimana cara membuat program acara TV. Didampingi oleh Rahadi, M.Si, Sekretaris Lab Ikom dan sejumlah mahasiswa, para siswa ini diberi kesempatan untuk menjajal langsung sejumlah alat produksi program TV, salah satunya di ruang MCR (master control room). Siswa juga bisa mencoba praktek langsung menjadi news anchor. Arya, salah satu siswa, terlihat malu-malu saat mencoba salah satu peralatan produksi yang ditunjukkan. Meski terlihat malu-malu, dia mengaku belajar tentang film dan program TV itu menyenangkan. “Pengalaman baru buat saya. Bisa belajar hal baru yang menyenangkan,”ujarnya singkat.

Sekretaris Lab Ikom, Rahadi, memberikan pengarahan kepada siswa

Sementara itu Kaprodi Ilmu Komunikasi, Himawan Sutanto, M.Si, mengatakan saat ini antusiasme pihak eksternal yang ingin melakukan kunjungan ke Ikom UMM memang mengalami kenaikan. “Menurut saya ini adalah sebuah indikasi bagus dimana masyarakat di luar sana semakin mengenal Prodi Ilmu Komunikasi. Semoga kami senantiasa bisa memberikan layanan akademik terbaik kepada semua pihak,”ungkapnya. (wnd)

Shared: