Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Wayang Bertutur Antarkan UMM Raih Juara Kompetisi PR

Author : Administrator | Jum'at, 23 November 2012 17:00 WIB
 

 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasinya di tingkat nasional. Dalam event Pekan Komunikasi Universitas Indonesia (UI) 2012 yang di gelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi UI, tim Komunikasi UMM yang tergabung dalam Eskalator PR Community ini meraih juara II. Tim ini berhasil menyingkirkan 29 tim dari berbagai PTN di seluruh Indonesia.

Dalam tema “Can You Stand in the Crowd?”, peserta ditantang untuk melakukan perencanaan program PR. Tim UMM mengangkat tema “Indonesia Bertutur” dengan project mengembalikan budaya Indonesia yaitu dengan cara cerita rakyat. “Jadi kami mempresentasikan program ini dengan konsep wayang yang berdurasi sekitar 10 menit,” ungkap Zainal selaku ketua tim.

Berbeda dengan tim lain yang mempresentasikan dengan cara konvensional, Zaenal dkk, justru mengangkat konsep wayang. Hal ini diakuinya karena ingin mengembalikan ciri khas dari Indonesia yang terkenal dengan wayang dan dalangnya, “Kami ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dengan presentasi dari peserta lainnya,” tambah Zainal.

Tim yang beranggotakan 4 orang ini sebelumnya tidak menyangka atas kemenangan ini. Bagaimana tidak, seluruh pesaingya adalah universitas negeri dan terkemuka. Bahkan tak sedikit peserta lain sempat meremehkan UMM dengan menyebutnya, sentah disengaja atau tidak dengan singkatan yang salah. Setelah tampil memukau barulah juri dan peserta lain melirik tim UMM ini.

“Kami sangat bangga karena bisa masuk dalam tiga besar apalagi pesaing kami semuanya merupakan PTN, seperti UI, UGM, dan UNS,” kata Dian Budi salah satu anggota dari tim.

Lebih lanjut Dian Budi berharap, dengan adanya prestasi seperti ini dapat memacu buat yang lainnya agar termotivasi ikut kompetisi juga. Selain itu dia berharap dari pihak kampus selalu memberikan support.

Kemenangan mahasiswa Komunikasi di ajang serupa juga terjadi tahun lalu. Waktu itu mahasiswa UMM berhasil menjuarai kompetisi jurnalistik investigasi dalam Pekan Komunikasi UI. (nov/nas)


Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image