Profil Dosen

Dra. Frida Kusumastuti, M. Si Dosen Ilmu Komunikasi yang memiliki kepakaran di bidang public relations ini menyelesaikan program masternya di Prodi Komunikasi Pembangunan Institut Pertanian Bogor. Kandidat doktor dari Universitas Muhammadiyah Malang ...

Detail
about

Profil Dosen


Dra. Frida Kusumastuti, M. Si

Dosen Ilmu Komunikasi yang memiliki kepakaran di bidang public relations ini menyelesaikan program masternya di Prodi Komunikasi Pembangunan Institut Pertanian Bogor. Kandidat doktor dari Universitas Muhammadiyah Malang ini saat ini juga telah memiliki banyak karya buku yang  dipublikasikan. Diantaranya adalah buku Pengakuan Kepala Humas Indonesia (INDOPURELS, Malang 1994), Kegiatan-kegiatan Humas (UMM Press, Malang 1997), Dasar-dasar Humas (Ghalia Press, Bogor 2002), Hubungan Masyarakat (UT Press, Jakarta 2007), Hukum Media Massa (UT Press, Jakarta 2010), Kekuatan di Balik Autisma (Selaksa Media, 2017). Mengabdi di UMM sejak tahun 1993, Frida mengajar sejumlah mata kuliah yakni Dasar Public Relations, Komunikasi Sosial Pembangunan, Sosiologi Komunikasi, Penulisan Media dan PR dan Manajemen Public Relations.

Email : frida@umm.ac.id

 

 

     

Nurudin, M. Si

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMM ini merupakan salah satu dosen yang sangat aktif dalam menulis buku serta artikel di media massa.  Saat ini ia juga dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Koran Kampus Bestari dan Kepala Pusat Kajian Sosial (PKSP) di UMM. Buku yang telah dihasilkannya antara lain ; Televisi Agama Baru Masyarakat Modern (UMM Press, Malang 1997), Menulis Artikel itu Gampang (Effhar, Semarang 2001), Komunikasi Propaganda (Remaja Rosdakarya, Bandung 2001), Pers Dalam Lipatan Kekuasaan (Tragedi Pers Tiga Zaman) (UMM Press, Malang 2003), Sistem Komunikasi Indonesia (Rajawali Press, Jakarta 2004), Pengantar Ilmu Komunikasi Massa (Rajawali Pers, Jakarta 2007), Hubungan Media, Konsep, dan Aplikasi (Rajawali Pers, Jakarta 2008), Kiat Meresensi Buku di Media Cetak (Murai Kencana, Jakarta 2009), and Dasar-Dasar Penulisan (UMM Press, Malang 2010), Citizen Journalism sebagai katarsis baru masyarakat (Buku Litera, 2010), Tuhan Baru MAsyarakat Cyber di Era Digital (Aditya Media, 2012), Perkembangan Teknologi komunikasi (Rajawali Pers, 2017). Total ada 17 judul buku yang telah diterbitkan. Tak hanya itu, lebih dari lima ratus artikel ilmiah karyanya telah dimuat di sejumlah media massa terkemuka.

E-mail: nurud70@yahoo.com

Blog : http://nurudin-umm.blogspot.com 


 



Drs. Abdullah Masmuh, M.Si

Dosen asli Lamongan ini mengabdi di UMM sejak 1993. Dijuluki sebagai “dosen ustadz” di kalangan civitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi, dosen yang menyelesaikan S2 di Program Pascasarjana UMM ini mengampu sejumlah mata kuliah. Diantaranya adalah mata kuliah Komunikasi Organisasi, Filsafat dan Etika Komunikasi dan Komunikasi dan Strategi Dakwah. Memiliki bidang keahlian dalam komunikasi organisasi, ia pun telah menerbitkan buku yang berjudul Komunikasi Organisasi dan buku tersebut telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III (bidang kemahasiswaan) selama dua periode berturut-turut (2009-2015) membuat dirinya dipercaya menjadi Kepala Biro Kemahasiswaan pada periode 20015-2017.

e-mail : abmas@umm.ac.id



                                                                                                                                                            

Budi Suprapto. M.Si, Ph.D

Budi Suprapto, PhD telah menyelesaikan program doktoralnya dalam bidang Komunikasi Universiti Malaya, Malaysia pada tahun 2014 lalu. Melalui disertasinya yang berjudul Pengaruh Komunikasi Dakwah Terhadap Kepedulian Sosial Politik, ia berhasil menyelesaikan program doktornya dengan hasil yang sangat memuaskan. Ia pun menjadi life legend sejarah Prodi Ilmu Komunikasi sebab ia lah yang pertama kali menjabat sebagai Kaprodi Ilmu Komunikasi pada periode 1987-1992. Saat ini ia diberi amanah sebagai Asisten Rektor Bidang Pengembangan Akademik UMM. Sejumlah buku karyanya yang pernah diterbitkan adalah buku dengan judul Media Massa dan Komunikasi Dakwah (2008) dan Konsepsi Internet Sebagai Forum Publik (2008).


 

                                                                                                                

Drs. Farid Rusman, M.Si

Dosen lulusan Magister Studi Media dan Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Airlangga ini merupakan salah satu dosen senior di lingkup Prodi Ilmu Komunikasi UMM. Memutuskan mengabdi sebagai dosen Ilmu Komunikasi semenjak tahun 1989. Pendidikan S1 nya diselesaikan di Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini ia mengajar mata kuliah Dasar Logika dan Teori Komunikasi. Konon, di kalangan mahasiswa, ia dikenal sebagai "Little John"nya UMM. Hal ini disebabkan karena penguasaannya terhadap teori komunikasi yang sangat mendalam. 

 

Email : farid.rusman@gmail.com

 

Himawan Sutanto, S.Sos, M.Si

Himawan Sutanto, M.Si adalah dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang merupakan lulusan terbaik Magister Studi Media Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Menekuni bidang kajian studi media dan public relations membuat ayah dua putra ini begitu concern pada kajian-kajian media dan public relations. Ia kini dipercaya menjabat sebagai Kaprodi Ilmu Komunikasi periode 2018-2021. Saat ini ia mengajar mata kuliah Filsafat dan Etika Komunikasi dan mata kuliah Teori Komunikasi. Tak hanya mengajar, ia juga seorang aktivis. Sejak tahun 2007 hingga sekarang ia aktif sebagai aktivis Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah dan kepala divisi riset dan analisis Center for Religious and Social Studies (ReSIST) Malang.

Email : himawansutanto@umm.ac.id

 

Isnani Dzuhrina, S.Sos, M.Adv

Punya impian terbang keliling dunia memotivasi ibu dari dua orang anak ini mewujudkan impiannya menembus ketatnya seleksi beasiswa luar negeri dari Australian Development Scholarship (ADS). Ia pun akhirnya berhasil menyelesaikan program magisternya pada Queensland University of Technology, Australia dalam bidang creative advertising. Selain aktif mengajar, ia juga dipercaya menjadi salah satu pengelola Pusat Kajian Sosial dan Politik, FISIP UMM. Di bidang pengajaran, ia mengampu mata kuliah Komunikasi Pemasaran, Dasar Periklanan, Azas Manajemen dan Public Speaking.

Email : isnani@umm.ac.id

 


 

 

Jamroji, S.Sos, M.Comms

Dosen lulusan Curtin University, Australia ini adalah salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang memiliki banyak cetakan karya gemilang. Ketika menjabat sebagai Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi pada tahun 2014-2017 lalu, Jamroji adalah salah satu motor dibalik kesuksesan tim Guyspro yang berhasil merebranding kampung kumuh Jodipan menjadi Kampung Warna-Warni Jodipan. Seperti yang diketahui oleh khalayak, Kampung Warna-Warni Jodipan adalah salah satu destinasi wisata kekinian di Kota Malang yang publikasinya mendunia. Tangan dinginnya juga berhasil menciptakan kreativitas flashmob yang kerap menghiasi gambar utama kalender dan iklan UMM. Beberapa company profile kampus pun tak lepas dari kreativitas ayah empat putra ini. Sosok yang terkenal tegas dan disiplin ini telah mengabdi di UMM sejak tahun 2002 hingga sekarang. Kini setelah masa baktinya sebagai Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi berakhir, ia dipercaya menjadi Humas FISIP UMM.

 

Email:  jamz@umm.ac.id

 

Joko Susilo,S.Sos, M.Si

Dosen sekaligus dalang. Itulah ciri khas yang unik dari Joko Susilo,S.Sos, M.Si. Kecintaannya pada seni budaya membuat dosen kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah ini kerap didapuk menjadi MC Jawa dan dalang wayang kulit. Dosen yang kini menjabat sebagai Kepala Humas UMM ini menyelesaikan program magisternya pada tahun 2001 di Universitas Indonesia.  Saat ini ia tengah menyelesaikan program doktoralnya pada Universitas Padjajaran. Ia menyusun disertasi dengan judul Seksualitas Vis A Vis Spiritualitas Dalam Pesan Kontras Pornografi dan Religiusitas Teks Centhini (Semiotika Komunikasi Serat Centhini).

e-mail : jkssl.umm@gmail.com



 

                                                                                                                      

Muslimin Machmud, M.Si, Ph.D

Peraih gelar doktor dari Universiti Malaya, Malaysia ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Ia mengabdi di UMM sejak tahun 1993. Menyelesaikan program magisternya pada Universitas Hasanuddin Makasar. Program sarjana Ilmu Komunikasi juga ia selesaikan di kampus yang sama. Muslimin, Ph.D adalah seorang dosen yang menekuni komunikasi tradisional (komunikasi multicultural). Di bawah bimbingan sang promotor, Prof Dr.Datok Abdullatif Abu Bakar, ia menyelesaikan disertasi yang berjudul Media Warisan di Indonesia (Kajian Kes di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan). Pernah menjabat sebagai Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM, saat ini dosen yang mengampu mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi ini dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur Taman Rekreasi Sengkaling UMM.

e-mail: machmudmus@gmail.com

 

                                                                                                      

 

Nasrullah, M. Si

Muda dan energik. Dua karakter itu tepat ketika menggambarkan sosok Nasrullah, M.Si. Dosen Prodi Iilmu Komunikasi yang kini dipercaya menjabat sebagai Staf Khusus Mendikbud ini telah menyelesaikan program strata duanya di Universitas Indonesia. Ayah dari dua orang putri dan dua putra kembar ini sebelum dipercaya menjadi staf khusus Mendikbud, sebelumnya adalah kepala Humas UMM. Sejumlah riset dan karya ilmiah pun telah ia publikasikan. Nasrullah juga pernah menjadi dosen tamu di Atilim University, Ankara, Turki. Tidak hanya mengajar, dosen asli Lamongan ini juga aktif menulis di media. Beberapa artikel ilmiahnya pernah dimuat di sejumlah media massa terkemuka. 


E-mail : nasrullah@umm.ac.id or nasrullah_umm@yahoo.com
Personal blog: nasrullah.staff.umm.ac.id

 

 

                                     

Novin Farid Setyo Wibowo, S. Sos, M.Si

Dosen asal Kediri ini merupakan salah satu dosen Komunikasi yang kreatif dan kaya karya. Salah satu karyanya adalah berhasil membuat produksi film anak secara konsisten selama tiga tahun berturut-turut. Menyelesaikan program sarjananya di Prodi Ilmu Komunikasi UMM dengan gelar lulusan terbaik, pria yang gemar mengkreasikan aneka masakan ini juga telah menyelesaikan program masternya di Universitas Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Laboratorium Komunikasi dan juga aktif menjadi salah satu kepala divisi di Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM. Sejumlah risetnya yang berkaitan dengan perfilman dan studi media juga telah dimuat di sejumlah jurnal nasional.


E-mail : novinsky_tbk@yahoo.com


 

 

 


Sugeng Winarno, S. Sos, MA

Kaprodi Ilmu Komunikasi periode 2013-2017 ini terkenal dengan kelihaiannya dalam ber-stand up comedy. Bahkan ia terkenal sebagai salah satu penggagas komunitas stand up commedy di Universitas Muhammadiyah Malang. Telah menyelesaikan program magisternya pada bidang media and information di Curtin University, Australia dan lulus pada 2010. Sejak tahun 2010 hingga 2018, Sugeng Winarno dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Jawa Timur. Ia termasuk dosen yang cukup produktif dalam berkarya. Paling tidak sebulan sekali, satu karya tulisnya pasti dimuat di media massa terkemuka. Baginya menulis artikel adalah katarsis, di tengah kesibukannya mengajar dan menjadi pejabat struktural. Meski sibuk, tak berarti produktivitas berkaryanya ikut terpuruk. Sejumlah riset pun telah ia hasilkan. Rata-rata risetnya mendalami bidang literasi media. Ia memang salah satu motor penggerak literasi media di kalangan civitas akademika FISIP UMM.
E-mail : sugengwinarno@umm.ac.id

 

 

Widiya Yutanti, S. Sos, M.A

Ia adalah dosen sekaligus Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi periode 2018-2021. Widiya Yutanti, M.A memperoleh gelar masternya pada bidang kajian journalism and mass communication with honours. Program sarjananya diselesaikan pada Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Beberapa karya ilmiah dan karya bukunya juga telah diterbitkan. Salah satunya adalah buku yang berjudul Kebijakan Elitis Politik Indonesia yang diterbitkan oleh UMM Press. Buku tersebut merupakan hasil kompilasi kerja bersama dengan sejumlah dosen di FISIP. Beberapa risetnya fokus pada journalism, studi media dan gender. Saat ini ia mengampu mata kuliah Jurnalisme, Dasar Jurnalistik dan menjadi dosen koordinator praktikum jurnalistik online. 


E-mail : widya_yutanti@umm.ac.id
 

 

Zen Amirudin, S. Sos, M.MedKom

Dosen kelahiran Blitar tahun 1975 ini memperoleh gelar M.MedKom nya setelah menyelesaikan program master dari Universitas Airlangga, Surabaya. Saat ini ia mengajar mata kuliah Komunikasi Politik. Kepiawaiannya dalam bidang komunikasi politik ditunjukkan dengan aktivitasnya sebagai salah satu konsultan komunikasi politik yang cukup diperhitungkan di Kota Malang. Di FISIP, saat ini ia juga dipercaya menjadi Wakil Dekan III FISIP yang menangani urusan kemahasiswaan. Pribadinya yang kalem dan santun membuat dirinya menjadi sosok yang dicintai oleh mahasiswa-mahasiswanya. Sejumlah risetnya di bidang komunikasi politik juga telah dipublikasikan baik dalam bentuk buku maupun jurnal nasional.


E-mail : zen@umm.ac.id

Shared: