Mau Dibawa Kemana Angkatan 2008?

Friday, December 10, 2010 13:31 WIB

Berita UMM
Sharing bersama dosen Ilmu Komunikasi

        Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) mengadakan acara sharing Dosen bersama mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ikom) angkatan 2008, Rabu (8/11). Sharing dilaksanakan di GKB 1.  Acara ini didampingi Ketua HIMAKOM, dihadiri 4 dosen Ikom serta 25 mahasiswa angkatan 2008.
       Nurudin selaku Sekretaris Jurusan Ikom mengawali sharing tersebut. “Saya senang sekali Himakom memiliki ide brilliant  untuk mengadakan acara sharing seperti ini,” ungkap Nurudin. Acara serupa telah dilaksanakan pada Rabu, (24/11), untuk angkatan 2007.  Acara ini bertujuan agar pihak Jurusan Ilmu Komunikasi tahu akan keluhan-keluhan mahasiswanya serta dapat mendengarkan usulan mengenai upaya pengembangan Jurusan Ikom.
      Adapun beberapa keluhan dan masukan  dari mahasiswa di antaranya mengenai cara mengajar dosen, penilaian dosen terhadap mahasiswa, penjelasan tentang bagaimana konsistensi dosen praktisi terhadap kontrak jam belajar yang telah ditentukan, penggunaan media laboratorium Ikom, serta masih banyaknya mahasiswa yang bingung terkait mata kuliah konsentrasi yang harusnya dapat lebih difokuskan, dll. Sharing mulai memanas ketika sebuah pertanyaan dilontarkan mahasiswa “Sebenarnya angkatan 2008 ini akan dibawa kemana?."
       Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua Jurusan Ikom Frida Kusumastuti dan Nurudin mengatakan bahwa “Semua proses belajar mengajar dalam setiap angkatan telah memiliki kurikulum masing- masing yang telah ditetapkan dan dipikirkan secara matang sebelumnya. Keluhan yang ada akan ditampung serta dijadikan pekerjaan rumah bagi jurusan untuk mengupayakan pengembangan dan perbaikan dalam  meningkatkan kualitas Jurusan Ikom.” Frida menambahkan, dalam suatu proses pengembangan dan perbaikan tidak dapat dilakukan secara instan tetapi harus bertahap.

        Permasalahan penggunaan media di laboratorium yang dianggap ruwet oleh mahasiswa, langsung ditanggapi oleh Farid Rusman selaku Kepala Laboratorium Audio Visual. Ia menegaskan, penggunaan media di laboratorium itu tidak dipersulit, tetapi dalam proses penggunaan atau peminjaman media tersebut harus dengan pertimbangan yang rasional. (tw/el)

Shared: