PR-ku Management ; Nice Experience on Team Work

Thursday, December 30, 2010 12:22 WIB

 
Dok. Foto Kegiatan Praktek Public Relations
     Bagaimana dengan PR dalam sebuah tim? Setidaknya inilah yang menjadi salah satu tantangan dan aksi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Ikom) Public Relations angkatan 2007, Dimas Nugroho Putra, Elis Julianti Syahfitri, Vinda Lhossa Ryan, Fanty Pratiwi Meita, dan Fitri Aini Syahwari. Tergabung dalam tim PR-ku Management, mereka bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam masa kontrak yang berakhir Sabtu (25/12).
 
    “Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Ibu Frida Kusumastuti, memberi tawaran untuk mengelola website Jurusan Ilmu Komunikasi selama kurang lebih 1 bulan, minimal 5 kali upload. Ini merupakan tantangan bagi tim kami,” ujar Elis. “Mengelola website adalah ranah skill mahasiswa Teknik. Menjadi reporter sekaligus penulis menjadi makanan sehari-hari teman-teman Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Apakah kami juga bisa?,” tambah Fitri yang bertugas menjadi admin.
 
     Suka duka dirasakan bersma-sama. Deg-degan pada peliputan awal, menulis berita pertama, mem-posting dan meng-upload berita yang juga untuk pertama kalinya, menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. “Workshop Nasional Produksi Televisi, Jum’at (26/11) adalah liputan pertama yang harus kami posting. Hanya ada 1 pertanyaan di kala itu. Saya harus memulai dari mana? Mau menulis apa, dan yang terpenting, bagaimana menuliskannya menjadi sebuah berita,” ungkap Vinda. Tiwi yang juga bertugas menjadi reporter megungkapkan hal yang serupa. “Lagi-lagi menulis adalah hal yang susah-susah gampang. Apalagi mahasiswa PR masih diragukan sekali kemampuan penulisannya,” kata Tiwi.
 
      Tak dapat dipungkiri bantuan dan support Ketua Jurusan Ikom, Dra. Frida Kusumastuti, M.Si, dan Sekretaris Jurusan Ikom, Nurudin, M. Si adalah hal yang terpenting. Mengoreksi hasil tulisan, memberi berbagai informasi, dan mengajarkan melakukan pencitraan di dalam website adalah kontribusi besar yang sangat berharga. “Selanjutnya harapan kami, akan ada teman-teman Jurusan Ikom lainnya yang dapat melanjutkan serta menyempurnakan program yang pernah kami kelola ini,” harap Dimas. Bekerja dengan tim tidak hanya mengerahkan tenaga tetapi juga pikiran. Kantor Jurusan yang menjadi tempat mereka bekerja selalu ramai dengan canda tawa dan keluh kesahnya. Goodluck PR-ku Management! Masih ada banyak tantangan untuk dipecahkan. Vnd

Shared: