Pilihan Peminatan

Untuk dapat memberikan bekal pengetahuan yang mendalam serta hard skill dan soft skill yang mantap, Prodi Ilmu Komunikasi menyediakan 3 (tiga) pilihan peminatan yaitu Public Relations, Journalism and Media Studies, serta Audio Visual Communication. Ketiga pilihan ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif pendalaman materi konseptual maupun praktis sesuai dengan fokusnya, tetapi tidak membatasi pilihan antar-peminatan. Syarat untuk memilih peminatan adalah telah mengikuti dan lulus mata kuliah dasar dengan nilai minimal B untuk mata kuliah dasar sesuai minat mahasiswa. 


 

PUBLIC RELATIONS (PR)

 

Fokus peminatan ini pada pendalaman teori, konseptual, manajerial dan skill di bidang PR. Untuk itu penekanan kurikulum diarahkan kepada memberikan kemampuan analitik, manajerial dan praktikum baik dalam skala laboratorium, kemitraan strategis dengan real client, maupun laboratorium lapangan baik dari kalangan masyarakat, perusahaan swasta atau instansi pemerintah. Keunggulan peminatan PR menjadikan mahasiswa tidak saja memahami tetapi juga memperoleh pengalaman profesional di bidang PR. Peminatan PR memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menekuni profesi PR sejak masih menjadi mahasiswa, baik dalam bentuk pekerjaan advisory (konsultan) maupun sebagai eksekutor konsep.     

Berikut adalah beberapa sajian mata kuliah yang spesifik bisa diambil dalam peminatan Public Relations:

 

- Creative Writing for Public Relations

- Research for Public Relations

- PR Media Production Practices

- PR Strategy Management Practices

- PR Practice and Event Management


JOURNALISM AND MEDIA STUDIES

 

Peminatan Journalism and Media Studies terutama memberikan peluang pilihan mahasiswa yang meminati Ilmu Komunikasi dalam praktik-praktik jurnalistik serta kajian media. Untuk itu peminatan ini selain membekali Journalism Skills (J-Skill) dalam aspek teknis hingga manajerial, juga memberi alternatif pada riset-riset media. Oleh karena peminatan juga berfokus pada produksi dan manajemen karya jurnalisme maka mahasiswa juga dapat memanfaatkannya untuk mengasah kemampuan menulis baik untuk kepentingan content creative maupun kajian media secara akademis. Pilihan pada peminatan ini juga terbuka bagi peminatan lain yang ingin menekuni dunia penulisan dan analisis media untuk kepentingan analisis politik, PR perusahaan atau pemerintahan, kewirausahaan, serta peneliti dan konsultan komunikasi yang lebih luas. Berikut adalah beberapa sajian mata kuliah yang spesifik bisa diambil dalam peminatan Journalism and Media Studies:     

 

- Creative Writing for Journalism

- Research for Journalism

- Print Journalism Production Practices

- TV News Program Production Practices

- Online Journalism Production Practices


AUDIO VISUAL COMMUNICATION

 

Peminatan ini memberi pilihan mahasiswa pada keahlian di bidang-bidang media kreatif berbasis komunikasi audio visual, seperti sinematografi, pertelevisian, broadcasting, hingga creative content berbasis audio-video. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan teknis dengan muatan praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan untuk memanage, mengkonsep, memproduksi hingga memasarkan karya kreatif audio visual. Untuk merangsang dan melatih kepekaan skil dan apresiasi terhadap karyanya, maka karya-karya mahasiswa didorong memperoleh rekognisi oleh stakeholder yang dilibatkan untuk memberikan penilaian. Selain itu apresiasi diberikan kepada mahasiswa yang memperoleh rekognisi melebihi ekspektasi dari standar yang ditentukan, seperti mengikuti festival, lomba atau pameran yang diselenggarakan oleh pihak-pihak yang kredibel. Berikut adalah beberapa sajian mata kuliah yang spesifik bisa diambil dalam peminatan Audio Visual Communication:   

 

- Creative Writing for Audio Visual

- Research for Audio-Visual Products

- Film Production Practices

- Advertising/Company Profile Production Practices

- TV Programme Production Practice

Shared: