Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapatkan mitra baru. Kali ini mitranya adalah PT Volvo Balikpapan. Menandai kerjasama kedua pihak, Ketua Prodi Komunikasi UMM Nasrullah dan Presiden Direktur Volvo Cahyo Harbianto menandatangani naskah kerjasama. Pada kesempatan itu Cahyo juga memberi kuliah tamu bagi 300 mahasiswa Komunikasi UMM, di aula GKB 4, Jumat (27/9/2024).
Volvo adalah perusahaan asal Swedia yang memproduksi, mendistribusikan dan menjual truk, bus, dan peralatan konstruksi, serta memasok sistem penggerak kelautan dan industri, serta jasa keuangan. “Kalau dulu dikenal sebagai produsen mobil mewah, sekarang di Indonesia Volvo banyak menyediakan truk, bus, eskavator, dan peralatan berat lain, terutama untuk kegiatan pertambangan,” terang Cahyo.
Dalam paparan kuliahnya, Cahyo menyampaikan pentingnya memahami komunikasi yang simple namun sebenarnya sangat kompleks. “Komunikasi terdengar sederhana, tetapi sebenarnya adalah subjek yang sangat kompleks. Transmisi pesan dari pengirim ke penerima dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Ini termasuk emosi kita, situasi budaya, media yang digunakan untuk berkomunikasi, dan bahkan lokasi kita,” tuturnya membuka paparan bertajuk Productive Communication Steps.
Mengutip Jim Rohn, Cahyo mengungkapkan komunikasi adalah 20% apa yang Anda ketahui dan 80% bagaimana perasaan Anda tentang apa yang Anda ketahui.
Untuk menarik perhatian audiens, komunikasi harus memilih setidaknya tiga sampai lima poin penting saja. Poin-poin itu harus dibuat menonjol dan hidup. “Agar lebih hidup, pesan harus disampaikan dengan objek, gambar, metafora, cerita dan data,” tuturnya.
Keberhasilan komunikasi kampanye Volvo diakuinya juga menggunakan Teknik menghidupkan pesan itu. Sambil menampilkan video-video profil produk Volvo Cahyo menekankan agar audiens dibuat terpesona dengan kejutan sebuah pesan. Misalnya dengan teknik metafora, audiens diibaratkan sedang menghadapi sesuatu yang menarik tetapi bagi orang lain sangat menakutkan. Mereka naik turun secara drastis pada kurva yang ekstrim, kadang cepat kadang lambat, tetapi mereka tidak bisa mengendalikan atau menghentikannya. Kadang di puncak, kadang di palung, “Itu adalah roller coaster,” kata Cahyo menjelaskan.
Pesan juga lebih menarik apabila disampaikan dalam bentuk cerita. Sebab pada dasarnya manusia tidak mudah memahami logika. Cahyo mengutip pendapat psikolog kognitif, Roger C Spark, ”Manusia tidak diatur secara ideal untuk memahami logika; mereka idealnya diatur untuk memahami cerita”.
Mahasiswa antusias mengikuti kuliah tamu yang menjadi bekal praktikum Public Relations II ini. Dosen pengampu praktikum Frida Kusumastuti dan Maharina Novia Zahroh mengorganisir acara ini berkat bantuan alumni yang menjadi Service Center Manager Volvo, Bunga Asmara.
“Senang sekali bisa balik ke almamater setelah 22 tahun lalu pernah menjadi bagian dari mahasiswa UMM. Semoga mahasiswa yang hadir di sini kelak juga menjadi alumni-alumni Komunikasi UMM yang sukses,” kata Bunga memotivasi mahasiswa.
Kuliah tamu dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prof Muslimin Machmud. Sebelumnya, Kaprodi juga menyampaikan laporan tentang kegiatan ini.
Dekan menyatakan rasa terima kasih kepada Volvo yang telah bersedia bekerjasama dengan Komunikasi UMM. Menurutnya, jejaring kemitraan Komunikasi memang menjadi keharusan karena memiliki misi untuk memberikan bekal kepada mahasiswa sesuai dengan tuntutan dunia industri dan dunia usaha. “Mau tidak mau kita harus menyiapkan generasi emas menghadapi bonus demografi tahun 2035 nanti. Saya yakin kerjasama UMM dengan Volvo ini adalah bagian penting dari misi itu,” katanya.
Dalam laporannya, Kaprodi menyatakan Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan adalah pemasok mahasiswa Komunikasi UMM terbanyak setelah Jawa Timur. Oleh karena itu tepat kiranya kerjasama dengan Volvo Balikpapan dengan harapan alumni asal Kalimantan Timur bisa lebih siap bekerja di sana. “Volvo butuh SDM Komunikasi seperti apa, kami siapkan,” ungkap Nasrullah. (*)