Profil

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang. Prodi ini didirikan sejak 28 Juli 1986. Prodi ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalistik dan Studi Media, serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.

Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis. Selain sudah terakreditasi A dari BAN-PT sejak 2013, Prodi Ilmu Komunikasi UMM juga berhasil memperoleh gelar sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix selama tiga tahun berturut-turut (2013-2014-2015) . Penghargaan ini didasarkan hasil survei sepanjang tahun terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.   

Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, workshop/training, studi banding, student exchange dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangatlah dinamis, di Prodi Ilmu Komunikasi ada sejumlah komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa diantaranya adalah  Eskalator (komunitas Creative PR) dan PR Club (komunitas peminat kajian public relations),  Ruang Gerak AV Club (peminat kajian film dan sinematografi), Speak Up Community (komunitas penggiat Bahasa Asing), Journalistic Club, dan Komunikasi Cinta Riset (Kociris).

Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards Metro TV”, fotografi baik tingkat regional, nasional dan internasional. Dosen dan mahasiswa juga aktif menulis beberapa karya buku. Alumni Prodi Ilmu Komunikasi banyak terserap di sejumlah institusi media massa terkemuka tak terkecuali media cetak, stasiun TV, radio, media online, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainnya. 

 

 

Kantor Prodi Ilmu Komunikasi FISIP

GKB I lantai 6 Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144

(0341) 464318 ext 135

email       : ilmukomunikasi@umm.ac.id

IG            : @komunikasiumm

FB           : Komunikasi UMM

website   : komunikasi@umm.ac.id

Shared:
Profil