Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi dirancang untuk mengakomodasi hasil belajar yang diharapkan, yaitu kriteria minimal kualifikasi lulusan. Hasil belajar yang diharapkan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang tercermin melalui mata kuliah, matriks, dan bahan ajar beserta SKS dengan mempertimbangkan kedalaman strategi pembelajaran yang dipilih dan persebaran mata kuliah pada setiap semester serta pembobotannya (Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome) - ELO) - Ilmu Komunikasi) (lampiran 1a). Kurikulum dirancang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), serta Asosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi (ASPIKOM) dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTMA) sebagai forum yang menaungi Ilmu Komunikasi. Institusi Pendidikan Tinggi.
Struktur Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada masa depan dan dirancang sesuai dengan hasil pembelajaran. Daftar distribusi mata kuliah dengan total 146 sks (220 ECTS) dapat ditemukan di lampiran 3s. 1 SKS terdiri dari 50 menit tatap muka, 60 menit tugas mandiri, dan 60 menit tugas terstruktur. Oleh karena itu, 1 SKS sama dengan 170 menit per minggu/45 jam per semester. Selain itu, 1 ECTS sama dengan 25-30 jam per semester. Jadi, 1 SKS sama dengan kira-kira 1,5 ECTS (Lampiran 3c).
Selanjutnya Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadikan literasi media sebagai spesialisasinya. Kekhasan literasi media diambil pada tingkat literasi tertinggi yang harus dimiliki lulusan, yaitu mampu menghasilkan pesan media dan melakukan kajian terhadap isi dan dampak media baik sebagai praktisi komunikasi maupun peneliti komunikasi yang dapat digambarkan sebagai berikut:
Annotasi:
Komunikasi Audio Visual: Audio-Visual Communication
Jurnalistik & Studi Media: Journalism & Media Studies
Literasi Media: Media Literacy
Literasi Media Sebagai Dasar Penyusunan Profil Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi UMM
Berikut adalah pemetaan mata kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi