• komunikasi.umm.ac.id

Kurikulum Program Studi

 

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi dirancang untuk mengakomodasi hasil belajar yang diharapkan, yaitu kriteria minimal kualifikasi lulusan. Hasil belajar yang diharapkan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang tercermin melalui mata kuliah, matriks, dan bahan ajar beserta SKS dengan mempertimbangkan kedalaman strategi pembelajaran yang dipilih dan persebaran mata kuliah pada setiap semester serta pembobotannya (Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome) - ELO) - Ilmu Komunikasi) (lampiran 1a). Kurikulum dirancang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), serta Asosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi (ASPIKOM) dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTMA) sebagai forum yang menaungi Ilmu Komunikasi. Institusi Pendidikan Tinggi.

 

Struktur Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi

No

Jenis Mata Kuliah

Kredit

ECTS

Persentase

1.

Mata Kuliah Wajib Universitas

28

42

19.18%

2.

Mata Kuliah Wajib Fakultas

18

27

12.33%

3.

Mata Kuliah Wajib Program Studi

76

115

52.05%

4.

Mata Kuliah Pilihan Spesialisasi

22

33

15.07%

5.

Mata Kuliah Pilihan

2

3

1.37%

Total

146

220

100%

 

Struktur kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada masa depan dan dirancang sesuai dengan hasil pembelajaran. Daftar distribusi mata kuliah dengan total 146 sks (220 ECTS) dapat ditemukan di lampiran 3s. 1 SKS terdiri dari 50 menit tatap muka, 60 menit tugas mandiri, dan 60 menit tugas terstruktur. Oleh karena itu, 1 SKS sama dengan 170 menit per minggu/45 jam per semester. Selain itu, 1 ECTS sama dengan 25-30 jam per semester. Jadi, 1 SKS sama dengan kira-kira 1,5 ECTS (Lampiran 3c).

 

 Selanjutnya Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadikan literasi media sebagai spesialisasinya. Kekhasan literasi media diambil pada tingkat literasi tertinggi yang harus dimiliki lulusan, yaitu mampu menghasilkan pesan media dan melakukan kajian terhadap isi dan dampak media baik sebagai praktisi komunikasi maupun peneliti komunikasi yang dapat digambarkan sebagai berikut:

Annotasi:

Komunikasi Audio Visual: Audio-Visual Communication

Jurnalistik & Studi Media: Journalism & Media Studies

Literasi Media:  Media Literacy

Literasi Media Sebagai Dasar Penyusunan Profil Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi UMM

Berikut adalah pemetaan mata kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

Shared:

Kurikulum