Sejarah Prodi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi IKOM)) berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Program studi ini berdiri sejak tahun 1986 dan merupakan program studi swasta pertama di Malang, Jawa Timur.

Program Studi Ilmu Komunikasi mengikuti perkembangan sejarah universitas dan program strategis sebagai bagian dari fakultas dan universitas. Sejak awal, dimaksudkan untuk mengisi kekosongan peluang untuk menghasilkan sarjana komunikasi Islam yang sangat dibutuhkan di bidang pers, hubungan masyarakat, fotografi, radio, dan televisi. Dalam perkembangannya, Program Studi Ilmu Komunikasi mampu memenuhi sebagian kebutuhan pasar kerja meskipun masih sangat terbatas.

Perkembangan pesat terjadi pada tahun 1993, dimana untuk pertama kalinya program studi ini diminati hingga dua kelas paralel dan terus berkembang hingga tahun 2000-an menjadi empat dan enam kelas. Tren di pasar dunia komunikasi telah mempengaruhi perkembangan ini; Oleh karena itu, prodi ini mengeluarkan tiga pilihan peminatan, yaitu Humas, Jurnalistik, dan Komunikasi Audio-Visual.

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang telah dipertahankan tiga kali sejak 2013. Selanjutnya, pada tahun 2021, program studi ini juga mendapatkan ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). ) sertifikasi. Apalagi program studi ini telah dua kali mendapat pengakuan dari pihak swasta pada tahun 2013 dan 2015 sebagai Sekolah Komunikasi dan Manajemen Terbaik Indonesia versi Majalah Mix

Shared: