Bangun Motivasi Mahasiswa Melalui Kuliah Perdana Praktikum

Rabu, 14 Februari 2018 17:09 WIB

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UMM gelar Kuliah Perdana Praktikum Jurnalistik 2 di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang (14/02). Kuliah Perdana bertajuk ‘On Air Journalism’ ini diikuti oleh mahasiswa/i semester 6 Ilmu Komunikasi bidang Jurnalistik angkatan 2015.

Dalam rangka memberikan pengarahan terkait ‘On Air Journalism’, Prodi Ilmu Komunikasi UMM turut mengundang jurnalis NET TV, Bhekti Setyowibowo. Alumni Ilmu Komunikasi UMM tersebut berbagi materi sekaligus pengalamannya di dunia jurnalistik televisi. Materi yang disampaikan sangat informatif dan menjadi sumber pengetahuan baru bagi mahasiswa. Sebagai jurnalis yang berpengalaman, Bhekti juga menampilkan beragam video berita karyanya yang telah tayang di NET TV. “Menjadi jurnalis itu harus kreatif. Kita harus mampu melihat sisi lain dari setiap fenomena, sehingga berita yang tersaji lebih menarik namun tetap sesuai dengan kaidah jurnalistik,” ungkapnya. Materi oleh Bhekti pun ditutup dengan quote andalannya, “Kami bekerja tak seindah layar kaca anda”.

Bhekti Setyowibowo

 

 

Selain pengarahan terkait ‘On Air Journalism’, Widiya Yutanti,M.A selaku dosen pembimbing praktikum jurnalistik 2 berharap, kuliah perdana ini dapat menjadi acuan dan motivasi bagi mahasiswa. Mengingat praktikum Jurnalistik 2 ini mengharuskan mahasiswa untuk berani turun lapangan dan berinteraksi dengan publik dalam menggali informasi.

Tidak hanya Praktikum Jurnalistik 2 saja, pada hari itu juga digelar secara paralel Kuliah Perdana Praktikum Public Relation 2 dan Praktikum Audio Visual 2. Materi yang diusung juga tidak kalah menarik. Arum Martikasari, M.Med.Kom sebagai dosen pembimbing Praktikum Public Relation 2 menyampaikan materi terkait Manajemen Krisis. Sedangkan Isnani Dzhurina, koordinator Praktikum Audio Visual 2 juga menyampaikan materi Iklan Layanan Masyarakat pada Kuliah Perdana tersebut. (jty/wnd)

Shared: