Di Komunikasi UMM Mahasiswa Pertukaran Boleh Menjajal Praktikum

Rabu, 18 September 2024 14:38 WIB

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyambut kedatangan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dalam sebuah acara orientasi, di Aula FISIP UMM, Rabu (18/09/2024). Tahun ini, mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah akan belajar selama satu semester di Komunikasi UMM. Mereka berasal dari Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Kegiatan orientasi itu dihadiri oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi UMC Ida Ri’aeni beserta rombongan mahasiswa dari kedua universitas. Dari Komunikasi UMM ikut menyambut Kaprodi Nasrullah, Sekretaris Prodi Jamroji dan Isnani Dzuhrina, dan Rahmania Santoso.

Dalam sambutannya, Kaprodi Nasrullah, menyampaikan harapan dan motivasi dengan kehadiran mahasiswa PMM yang siap mengikuti perkuliahan di Komunikasi UMM. Kaprodi juga menekankan pentingnya sinergi antara teori dan praktik di dalam kurikulum yang diterapkan.

“Saya ucapkan selamat datang dan selamat belajar di Komunikasi UMM. Perlu diketahui, kurikulum di Komunikasi UMM itu harus balance antara teori dan praktik. Oleh karena itu di sini ada 12 macam praktikum yang menuntut mahasiswa menjalankan tugas secara nyata,” ujar Kaprodi Nasrullah.

“Salah satu bukti dari kurikulum kita adalah Kampung Warna-warni Jodipan. Itu merupakan salah satu proyek karya praktikum mahasiswa Komunikasi UMM,” tambahnya.

Sekprodi Jamroji menambahkan jika selama belajar di Komunikasi UMM, mahasiswa PMM juga bisa terlibat dalam praktikum.

“Nanti silahkan jika mahasiswa PMM ini mau menjajal dan berkontribusi pada praktikum mahasiswa Komunikasi UMM. Buktikan sendiri keseruannyai!” kata Jamroji.

Selama program MBKM berlangsung, Komunikasi UMM telah menerima mahasiswa pertukaran dari berbagai universitas, termasuk dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Bengkulu, Universitas Lampung, dan beberapa yang lain.

Sebagai bentuk kolaborasi lebih lanjut, Komunikasi UMM menjalin kerja sama dengan Prodi Komunikasi UMC. Keduanya melakukan penandatanganan naskah kerja sama.

Kaprodi Ilmu Komunikasi UMC Ida Ri’aeni, menyebutkan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal yang penting. “Selain di Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (APIK), kami berharap kolaborasi ini menjadi awal yang baik untuk kedua belah pihak," ujarnya. (jan)

Shared: