Laboratorium Ilmu Komunikasi Harus Dukung International Competitiveness!

Minggu, 23 Januari 2022 11:44 WIB

Dekan FISIP, Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si,  menyampaikan pentingnya kolaborasi dan dukungan laboratorium dalam menyambut international competitiveness yang berusaha dicapai Prodi Ilmu Komunikasi. Hal ini disampaikan pada Sabtu (22/1) saat acara pelantikan kepala laboratorium di lingkungan FISIP UMM. Pada kesempatan tersebut Widiya Yutanti,M.A dilantik sebagai Kepala Lab Ilmu Komunikasi, didampingi oleh Arum Martikasari, M.Med.Kom sebagai Sekretaris Lab, menggantikan Novin Farid Setyo Wibowo, M.Si., dan Rahadi M.Si.

Dekan mengatakan para kepala laboratorium harus mampu bekerjasama dan berkreasi untuk mendukung prodi menyiapkan program-program terbaik. “Kita harus paham jika laboratorium berada di bawah dua koordinasi, yang pertama secara struktur dikendalikan oleh Lab Sentral di bawah DPPM dan secara fungsional berada di bawah prodi sehingga harus selalu berkoordinasi dengan prodi. Lab perlu menanyakan tiga hal yakni; apa visi misi prodi, capaian pembelajaran lulusan, dan profil lulusannya. Inilah yg diramu untuk dikembangkan di Lab sehingga Lab merupakan bagian dari prodi yang melayani prodi sebagai pengelola mahasiswa,” jelas Muslimin.

Dekan juga berpesan agar para kepala lab senantiasa berkoordinasi dengan para pejabat terkait. Jika berkaitan dengan kerjasama, para pimpinan lab bisa berkoordinasi dengan unit kerjasama dan wakil dekan 3, jika berkaitan dengan pendidikan dan penelitian bisa berkoordinasi langsung dengan wakil dekan 1. “Atau bisa juga ke wakil dekan 2 jika terkait pengembangan SDM Lab. Pada dasarnya sebagai struktural, kita harus mendukung kebijakan-kebijakan universitas. Misalnya terkait program Kelulusan Tepat Waktu (KTW) maka lab membantu prodi untuk menerjemahkan bagaimana mengantisipasi kelulusan mata kuliah dengan sistem yang telah dibangun. Untuk itu saya harapkan para pimpinan laboratorium selalu berkoordinasi dengan induknya, yakni prodi, agar tercapai target yang telah kita sepakati,” ungkapnya.

Dalam serah terima jabatan kali ini, dekan juga menyerahkan SK jabatan secara langsung kepada kepala dan sekretaris laboratorium di lingkup FISIP UMM, Ketua Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) FISIP, Dr. Frida Kusumastuti, M.Si dan Pengelola Unit Kerjasama FISIP, Dr. Achmad Habib. (wnd,ian,ros)

 

Shared: