Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Berhasil Sabet Kejuaraan Takewondo Tingkat Provinsi

Senin, 06 Februari 2023 12:17 WIB

              Fatma Ratna Sari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2021 ini berhasil menorehkan prestasi juara 1 tingkat provinsi pada Kejuaraan Provinsi Taekwondo Indonesia Jawa Timur II 2022. Kejuaraan ini digelar pada 08-11 Desember 2022 lalu di GOR Indor Divisi Infanteri 2/ Kostard, Kota Malang. Kejurprov yang diikuti 1.810 atlet Taekwondo ini dibuka langsung Wakil Bupati Malang, Drs.Didik Gatot Subroto, S. H., M. H., Sabtu (10/12/2022).

Mahasiswa yang akrab dipanggil Fatma ini merupakan anak keempat dari pasangan Alm. Oman Rahman dan Rana. Lahir di Toraja Utara, 22 Januari 2003. Semenjak usia 9 tahun Fatma memiliki kegemaran dibidang olahraga dan bela diri, khususnya taekwondo. “ Awalnya aku cuma lihat teman-temanku latihan, terus aku diajak buat bergabung. Dan pas selama latihan ternyata orang-orangnya asik dan bisa bikin aku enjoy. Selain itu aku merasa kurang percaya diri untuk berprestasi diakademik. Makanya aku ingin mengasah prestasiku dinon akademik lewat taekwondo ini” jelas Fatma. 

Selama diperkuliahan Fatma juga aktif bergabung di UKM Taekwondo. “ Awalnya aku tau ada lomba Kajurprov ini karena pelatih taekwondo saya mba sintia, mas lukman, dan mas febri ngeshare info digrup UKM” ungkap Fatma ketika ditanya perihal awal mula ia mengikuti kejuaraan. Mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut berlatih sebanyak dua kali seminggu pada pukul 19.00 hingga 21.00 malam di lorong Masjid A.R. Fachruddin yang berada dikawasan UMM. Ketika mendekati hari Kejuaraan Fatma berlatih setiap hari selama 1 bulan. Tidaklah mudah bagi Fatma dalam meraih kemenangannya di Kajurprov, melihat kesibukannya sebagai mahasiswa.

Membuat list kegiatan merupakan cara yang Fatma pilih untuk mengatur waktunya. Menggunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas dan menyelesaikan pekerjaan rumah sudah menjadi kebiasaannya sebelum berlatih. Tidak jarang latihan Fatma bertabrakan dengan mata kuliahnya. “ Kalau memang ga memungkinkan untuk latihan biasanya saya izin. Karena kadang juga ada kelas malam yang jadwalnya bersamaan. Tapi kalau kelasnya udah selesai trus jamnya masi sempat untuk latihan pasti saya tetap datang untuk latihan.” Jelasnya.

Membanggakan orang tua sekaligus mengharumkan nama kampus di ajang taekwondo merupakan motivasi terbesar Fatma untuk terus berjuang. “ Deg-degan banget apalagi sudah lama ga turun bertanding, terakhir itu tahun 2019 sebelum Corona”  ujar Fatima. Dengan segala usahanya untuk mengalahkan ribuan peserta serta dukungan dari pelatih dan juga orang tua,  akhirnya Fatma dapat berhasil menyabet juara 1 pada ajang kejuaraan Kajurprov Taekwondo 2022.

    “Prestasi itu tidak pernah diberikan tetapi diperoleh, tanpa adanya keinginan yang kuat untuk mencapainya, maka tidak akan bisa tercapai dan apa yang kita sudah dapatkan harus disyukuri,namun jangan mudah merasa puas dengan hasilnya “ pesan Fatma kepada Mahasiswa lainnya. Selamat atas prestasimu Fatma kami tunggu prestasi-prestasi lainnya.(Snw)

Shared: