Metaverse Jadi Daya Tarik Pengunjung Ekspo KOMMAKSI

Senin, 30 Oktober 2023 22:00 WIB

 

Komunikasi UMM Beraksi (KOMMAKSI) sukses membawa pengunjung menjelajah Metaverse dalam Art and Project Exhibition di Plaza Apartemen Begawan Lt. 2. Ekspo ini menggandeng tim Digital Art and Information (DARI), tim startup Informatika UMM. Rangkaian KOMMAKSI yang berlangsung Senin (30/10/2023) ini dibuka untuk umum.

Art and Project Exhibition memamerkan karya-karya terbaik mahasiswa Komunikasi UMM dari angkatan 2018, 2019 dan 2020 dari tiga peminatan, Audio Visual (AV), Public Relation (PR), dan Jurnalistik yang dikemas futuristik dalam bentuk virtual reality (VR) exhibition dan arts video mapping.

Tim Komunikasi UMM bersama Tim DARI Informatika UMM berhasil berkolaborasi dalam VR exhibition. Pengunjung diajak menjelajah melewati portal-portal dalam metaverse untuk menyaksikan semua karya dari mahasiswa Komunikasi UMM.

“Pameran ini menggunakan konsep inovatif dan imersif dari metaverse, yang diwujudkan melalui upaya kolaboratif selama seminggu oleh tim Lab. Komunikasi dan tim DARI,” jelas Widiya Yutanti, Kepala Laboratorium Komunikasi UMM.

Pengalaman menjelajah metaverse ini menambah dimensi baru dan menarik bagi pengunjung yang tidak hanya mahasiswa namun juga masyarakat umum yang datang.

 Koordinator Acara Muhammad Areqson Hertin menjelaskan, “Kami ingin memberikan pengalaman segar dan menarik bagi pengunjung kami. Konsep metaverse dalam pameran ini bertujuan untuk menarik, sekaligus memotivasi dan menginspirasi audien kami,” ujarnya.

Pengunjung mengaku senang dan antusias dengan ekspo ini. “Saya kagum dengan konsep Metaverse yang menyelaraskan karya dan sajian pameran dengan tema 'Break Your Limit'. Karya-karya yang dipajang sungguh mengesankan dan inovatif. Kunjungan saya ke KOMMAKSI sangat berharga. Saya menantikan acara yang lebih mengasyikkan tahun berikutnya,” kata Nabila, salah seorang pengunjung.

Selain pameran karya, pagelaran dengan konsep yang futuristik ini merupakan upaya yang dilakukan Komunikasi UMM untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan melek terhadap pesatnya digitalisasi. Hal tersebut sesuai dengan tagline Komunikasi UMM, Creative Communicative Collaborative. (stf/jan)

Shared: