Menyambut Ulang Tahun Ikom UMM ke-25 pada 25 Juli 2011, sejak Mei telah nampak semarak peringatan Ultah tersebut. Kantor jurusan Ikom nampak dihiasi bendera merah putih, yang mencerminkan tema Ultah ini yaitu “Communination: The Spirit of Nationality Revolution.” Merupakan refleksi tentang sebuah perubahan besar yang dapat melahirkan rasa cinta pada tanah air Indonesia Raya. Misinya adalah melahirkan kreativitas dalam menciptakan sebuah produk komunikasi yang mampu menumbuhkan semangat nasionalisme.
Peringatan Ultah diawali dengan 5 event yang dikelola oleh Jurusan bekerja sama dengan Eskalator PR Komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa Ikom UMM. Pertama adalah PR Addiction dengan tema “Communicate Your Nationality.” Merupakan kompetisi antar mahasiswa secara nasional dalam membuat program PR untuk membangun Indonesia lebih baik. Hingga deadline (23/5) lalu telah terdaftar program dari 22 tim kontestan dari 13 perguruan tinggi. Kedua, Ad Award dengan tema “The Spirit of Nationality” yaitu kompetisi mahasiswa nasional di bidang advertising bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jatim. Hingga deadline (23/5) lalu telah terdaftar 45 karya iklan dari mahasiswa 17 Perguruan Tinggi.
“Kedua kompetisi tersebut dinilai oleh juri-juri yang kompeten di bidangnya’” Jelas Nisa Amelia, Ketua Panitia. PR Addiction dengan juri Aqua Dwipayana dari Image PR Consultant, Indira Abidin dari Fortune PR, dan Widi Nugroho Sohib , Head of PR SOHO Group. Sedangkan Ad Award mengundang juri Arif Budiman- ECD, MD Petakumpet advertizing Networks, Djito Kasilo dari Strategic Planning Consultant Dwi Sapta, dan M.Mufid – Ketua P3I Jatim.
Selain dua kompetisi, rangkaian Ultah Ikom juga menyelenggarakan Workshop Periklanan “How To Create Good Advertising” , serta Seminar “Cinta Indonesia via Social Media” dengan pembicara artis dunia maya Rahne Putri-pemilik akun @Anjing Gombal dan Indira Abidin. Puncak event Mei-Juni adalah Gathering Night (7/5) yang dikemas sebagai Malam Keluarga Ikom di Hall DOME UMM. Desain Gathering Night adalah penganugerahan pemenang kompetisi PR dan Iklan, performance mahasiswa Ikom UMM, Lomba Yel-Yel antar kelas, pameran karya mahasiswa, kuliner khas Malang, dan Temu Alumni. Gathering akan dihadiri para pejabat UMM, dosen dan keluarganya, mahasiswa dan alumni Ikom, para juri kompetisi, para finalis, dan warga UMM serta masyarakat umum. Informasi tentang semua event bisa dilihat di www.communination.com.
“ Rangkaian acara memperingati Ultah tidak hanya berhenti sampai disitu, karena beberapa komunitas mahasiswa yang ada di Ikom akan merayakan dengan cara mereka secara unik dan kreatif. Misalnya Jurnalistik Club sudah menyiapkan Peluncuran & Bedah tiga buku karya mereka ditahun 2011. AV Club sedang merancang Workshop dan Kompetisi untuk Siswa SMU se-Malang Raya,” Papar Frida Kusumastuti, Ketua Jurusan Ikom. Selain memiliki event sendiri, Jurnalistic Club dan AV Club bersama Himakom, Jufoc, Airbrands, 3 Pod, PR Club, MT GuArd, dan Kociris juga sepenuhnya mendukung 5 event Mei-Juni tersebut. “ Bayangkan, betapa dinamika kreativitas mahasiswa Ikom sangat luar biasa. Itu adalah nama-nama komunitas mahasiswa berdasarkan peminatan” kata Frida lebih lanjut.
Berdiri pada 1986, Jurusan Ikom UMM sekarang memiliki 1642 mahasiswa aktif. Kurikulum diarahkan pada tiga konsentrasi, yaitu Jurnalistik & Studi Media, Public Relations, dan Komunikasi Audio Visual. Pada 2007 Jurusan Ikom memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Dikti. Penilaian akreditasi mempertimbangkan kwalitas desain kurikulum, fasilitas kuliah & laboratorium, atmosfer akademik, masa studi mahasiswa beserta Indeks Prestasi mahasiswa, masa tunggu lulusan ke dunia kerja dan kesesuaian studi dengan pekerjaan, kreativitas dan karya dosen & mahasiswa di bidang tri dharma perguruan tinggi, tata kelola jurusan, dsb. (nonk)