Siap Produksi Film, Kuliah Perdana Audio Visual Hadirkan Dua Praktisi

Sabtu, 24 Februari 2024 10:27 WIB

Karya praktikum Audio Visual (AV) menjadi salah satu kebanggaan Prodi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Sering kali karya mahasiswa mendapatkan penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Capaian itu tentunya perlu terus dikembangkan untuk menggapai prestasi-prestasi yang jauh lebih hebat kedepannya.

Dalam rangka upgrading dan pengembangan skill AV, Komunikasi UMM menghadirkan dua praktisi ahli dalam kuliah perdananya. Kuliah ini diselenggarakan dua sesi. Sesi pertama Kamis (22/02/2024) di Amphiteater Malang Creative Center (MCC) dan sesi kedua Jumat (23/02/2024) di Aula Pusdiklat UMM.

Praktisi sekaligus pemateri itu adalah sinematografer Lingga Galih Permadi dan Media Production Specialist Aldiandra Aprillia. Mereka mengisi materi di sesi yang berbeda.

Lingga mengisi pada sesi pertama untuk mahasiswa kelas praktikum 3 produksi film. Lingga menyampaikan materi terkait storytelling and filmmaking process dihadapan sekitar 200 mahasiswa.

Ia menyampaikan dalam pembuatan film, perlu adanya riset yang mendalam serta analisis yang kuat. Salah satu tujuannya untuk menyesuaikan antara target audience dan seluruh elemen film yang akan dibuat.

“Kalo risetnya nggak matang, maka hasil akhirnya juga akan mentah dan tidak akan menjadi daya tarik yang tinggi,” ucap Lingga saat materi berlangsung.

Salah satu yang harus menonjol dari karya mahasiswa setelah riset dan analisa adalah eksekusi yang baik, termasuk dalam aspek sinematografi. “Percuma kalo riset dan analisisnya sudah matang akan tetapi ketika nanti eksekusi hasilnya kurang, jadi ya harus belajar terus,” tambahnya.

“Pokoknya do something magic,” tambahnya lagi

Sesi pertama ini juga dihadiri oleh koordinator praktikum 3, Novin Farid Styo dan Lukman Hakim.

Novin berharap dengan adanya kuliah ini mahasiswa dapat menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. “Setelah ini, teman-teman nanti harus bisa berlomba-lomba untuk menunjukkan karya terbaiknya,” harapnya.

Selanjutnya, Media Production Specialist, Aldiandra mengisi sesi kedua untuk mahasiswa kelas praktikum 1 produksi program berita TV. Aldiandra menyampaikan materi mengenai production workflow guide.

Dalam industri kreatif, termasuk produksi program berita TV, tim produksi dan tim kreatif memiliki peranan yang penting dalam mencapai tujuan. “Tim harus melalui alur produksi yang jelas dan matang. Mulai dari preproduction, production, dan post production,” ujarnya.

“Tak hanya itu, hal mendasarnya kita juga dituntut untuk disiplin dalam memproduksi program TV,” tambah Aldiandra.

Sesi kedua ini dihadiri oleh 150 mahasiswa. Ikut hadir dan mengisi acara koordinator praktikum Rahadi dan Zulfikri Agusta.

Rahadi menyampaikan bahwa bekerja di dunia kreatif haruslah konsisten dan memiliki manajemen waktu yang baik. “Semuanya harus berkomitmen dengan dirinya sendiri, kelompok, serta disiplin terhadap waktu yang telah dirancang,” tambahnya.

Kuliah perdana ini di menjadi bekal awal mahasiswa peminatan AV Komunikasi UMM untuk menjalani praktikum di semester genap ini. Sebagai salah satu bentuk dorongan dari Prodi Komunikasi UMM dalam membentuk skill mahasiswanya sesuai peminatan.

Salah seorang peserta, Wahyu mengaku terbantu karena pembahasan ini memberikan inside yang baru. “Sangat terbantu dengan kuliah perdana ini, banyak sekali pembahasan yang mungkin belum saya ketahui sebelumnya,” ujarnya senang.

Selain untuk mahasiswa peminatan AV, kuliah perdana juga diselenggarakan untuk peminatan Public Relation (PR) dan Jurnalistik. Ketiganya memiliki orientasi serupa, yakni membekali dan untuk mengupgrade skill mahasiswa sebelum menjalani praktikum sesuai peminatannya. (jan)

Shared: