Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome - ELO)

Untuk dapat mewujudkan visi dan misi serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, dirumuskanlah Capaian Pembelajaran sebagai dasar aktivitas belajar mengajar. Program Studi Komunikasi mengelaborasi capaian pembelajaran mahasiswa Ilmu Komunikasi yang disusun oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) dan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK-PTM). Capaian pembelajaran tersebut ditetapkan berdasarkan komponen sikap (1 & 2), keterampilan umum (3, 4, 5, 6), keterampilan khusus (7, 8 & 9), dan juga pengetahuan (8, 9 & 10). 

 

Berikut adalah adalah Capaian Pembelajaran Program Studi Ilmu Komunikasi:

 

KOMPONEN SIKAP

 

1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.


KOMPONEN KETERAMPILAN UMUM

3. Mampu Menerapkan pemikiran, sistematis, kritis, dan kreatif, dalam pengembangan dan implementasi seni, ilmu dan praktik komunikasi. 

4. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data dalam penyelesaian masalah komunikasi. 

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data dalam penyelesaian masalah profesi komunikasi. 

6. Mampu mengkaji implikasi penerapan ilmu dan teknologi komunikasi dalam bentuk skripsi.


KOMPONEN KETERAMPILAN KHUSUS & PENGETAHUAN

7. Mampu membuat konsep dan melaksanakan kegiatan public speaking untuk menunjang profesi komunikasi.

8. Mampu mendesain dan mengelola riset untuk menunjang profesi komunikasi.

9. Mampu mendesain dan memproduksi karya Public Relations, Jurnalistik, dan Komunikasi Audio Visual.

10. Menguasai konsep dan keterampilan dasar di bidang komunikasi (penulisan, fotografi, computer grafis, shooting, editing, public relations, jurnalisme dan komunikasi audio visual).

Shared: