Lolos IISMA, Mahasiswa Komunikasi UMM Ini Siap Berangkat ke Irlandia

Kamis, 21 Maret 2024 18:39 WIB

Tidak sembarangan mahasiswa bisa berkuliah di luar negeri secara gratis dengan biaya penuh dari pemerintah. Akan tetapi kesempatan itu tidaklah mustahil untuk bisa diraih. Mahasiswa Komunikasi UMM Ghozi Kamaluddin berhasil membuktikannya lewat beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.

Ghozi resmi kantongi tiket studi di University College Cork (UCC) setelah pengumuman, Rabu (20/03/2024). Di Irlandia itu, dirinya akan menempuh studi selama satu semester mulai September tahun ini.

“Senangku bukan cuma karena lolos, tapi juga karena perkembangan yang pesat selama belajar. Pernah dengar kata-kata ‘nikmati proses’? Aku pertama kali ngerasain itu,” ujarnya senang.

Mahasiswa peminatan audio visual Komunikasi UMM itu mengambil empat studi di UCC. Studi itu ialah Introduction to Screen Media and Culture, Data and Digital Literacy, Irish Film History, dan Tales of Kings and Heroes in Medieval Ireland.

Selama proses usaha menjadi awardee IISMA, Ghozi mengaku mendapatkan banyak dukungan teman-temannya. Salah satunya adalah dari Fasya Tiara Milenia, awardee IISMA Komunikasi UMM dua tahun lalu.

Tak hanya itu, dukungan juga datang dari dosen Komunikasi UMM. “Banyak sekali, Bapak Ibu dosen terus ngepush kita berkembang dan segera kumpulin berkas. Ada Bu Is yang selalu support, ngasih insight dan motivasi juga,” ungkap Ghozi.

“Aku IISMA ke Ireland aku yakin cuma 50% usahaku, sisanya bantuan dan dari mereka semua. Terimakasih!” ungkapnya lagi.

Sebelum menentukan universitas, Ghozi terlebih dahulu melakukan riset terhadap universitas yang sesuai dengan minatnya. Akhirnya UCC Irlandia menjadi pilihannya. Di sisi lain, keunikan dan keindahan Irlandia juga menjadi alasannya ingin kuliah di sana.

Ada dua tahapan yang dilaluinya. Tahap pertama adalah seleksi berkas dan kedua interview.

Uniknya ketika proses interview, “Sempat terpental karena jaringan buruk dan ada beberapa jawabanku yang rasanya nggak sesuai pertanyaan,” pungkasnya.

IISMA sendiri merupakan beasiswa program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beasiswa ini memberikan kesempatan mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri selama satu semester.

Ghozi Kamaluddin merupakan satu dari empat mahasiswa UMM yang lolos IISMA tahun ini. Tiga mahasiswa yang lain M Rakan Putra Zazli mahasiswa Psikologi UMM yang diterima di University of Warsaw. Dua rekannya lagi merupakan mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UMM, Aloysius Gonzaga Alnabe di University of Pompeu Fabra Barcelona dan Ashila Karaz di University of Granada Spanyol.

Selain memiliki prestasi menjadi awardee IISMA 2024, tahun lalu mahasiswa berprestasi ini bersama mahasiswa Komunikasi UMM lain pernah meraih penghargaan juara di International Communication Competition (ICC) 2023. (jan)

Shared: