Dosen Praktisi dari Kalangan Alumni

Wednesday, March 09, 2011 15:45 WIB

 Perkuliahan SMT Genap 2010/2011 dimulai senin (28/2). Semester genap ini total jumlah mahasiswa Ikom yang telah heregistrasi  adalah 1609 orang. Mereka tersebar dari angkatan tahun 2010, 2009, 2008, 2007, dan sebagian kecil angkatan 2006, dan 2005. Semoga semester ini angkatan 2005 dan 2006 bisa lulus semua.

Semester ini akan menjadi semester yang padat dengan praktikum karena ada 18 mata kuliah konsentrasi, diantaranya adalah Shooting & Analog Editing, Penulisan Skenario, Sinematografi,  Public SpeakingEvent Management, Komunikasi Pemasaran, On Air Jurnalism, Print journalism, dan Dept Reporting. Hasil dari praktikum sebagian besar adalah portofolio karya mahasiswa. Kita tunggu saja apa karya-karya mereka nanti.

Seperti semester-semester sebelumnya, semester ini Jurusan Ikom mengundang dosen dari kalangan praktisi untuk mengajar mata kuliah konsentrasi. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kompetensi  manajerial dan praktis mahasiswa. Mereka adalah praktisi dari media televisi, media cetak, wirausaha di bidang komunikasi, kaum profesional, dan konsultan.

Jurusan merasa bangga karena  pada semester ini barisan pengajar dari kalangan praktisi diperkuat oleh para alumni. Mereka diundang untuk sharing dan  membimbing adik-adiknya berdasarkan pengalaman profesional mereka. Seperti Arfan Adhi Perdana,  alumni angkatan 1998. Selama ini Arfan berkecimpung di dunia perfilman dengan Deddy Miswar dan Arya Kusumadewa. Sejak tahun 2010 Arfan sangat antusias berbagi pengalaman dalam kuliah  penulisan skenario dan naskah AV. Sementara  Insyaf Luhur yang saat ini produser sebuah stasiun TV di Surabaya, bersedia mengajarkan Manajemen Siaran. Masih ada Dhimas dan Rinto yang selama ini memilih wiraswasta di jasa produksi dan editing karya-karya Audio Visual. “Saya senang sekali bisa membagi pengalaman saya kepada almamater,” aku Dhimas yang saat ini juga sebagai dosen tamu di FSRD IKJ,UB, UM, dan Global Film Institute Singapore dan Lucas Film Academy of Singapore.


Semester dua, anak bungsu Ikom juga mesti bangga karena ketiga pengajar Dasar-Dasar Fotografi adalah alumni yang saat ini eksis sebagai fotografer  profesional. Mereka adalah Nurkhrisdianto yang sukses dengan studio foto Iluvio dan owner Mamipo Malang, Aribowo dan Suharto yang menjadi Jurnalist foto  media besar di Malang. (fk)

Shared: