KURIKULUM BARU MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2010

Thursday, December 30, 2010 15:04 WIB

          Saatnya sharing bersama mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) angkatan 2010! Setelah sebelumnya mengadakan sharing dengan angkatan 2008, Rabu (8/11) lalu, bertempat di ruang 611, lantai 6 GKB 1 UMM, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) kembali mengadakan sharing khusus angkatan 2010, Rabu (29/12), pukul 11.30 WIB. Diskusi akademik ini diikuti sebanyak 32 peserta. Diskusi yang dimoderatori M. Yasin ini memiliki beberapa tujuan, yaitu memberikan informasi dan pengetahuan pada mahasiswa baru 2010 terkait dengan program akademik yang mengalami perubahan dan mencari tahu tentang keluhan para mashasiswa baru tersebut.

          Dra. Frida Kusumastuti, M.Si dan Nurudin, S.Sos, M.Si bertindak sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut. Topik hangat yang dibahas yaitu mengenai peleburan 3 konsentrasi penjurusan (Audio Visual/AV, Public Relations/PR, dan Jurnalistik) menjadi 1. Ketiga konsentrasi tersebut tidak berlaku bagi mahasiswa Ikom 2010. Ini dikarenakan adanya perubahan kurikulum yang menuntut mahasiswa Ikom untuk lebih luwes ilmu pengetahuannya, mengingat antara ketiganya memiliki berbagai variasi ilmu yang sebaiknya dapat dipahami seluruh mahasiswa Ikom.
 
           Konsentrasi akademik selanjutnya akan didapatkan mahasiswa Ikom 2010 pada awal semester 4. Sementara pada semester 5, 6, dan 7 akan mendapat tiga paket praktek, yaitu paket praktek Jurnalistik, paket praktek AV dan paket praktek PR. Untuk itu, mahasiswa bebas memilih paket praktek yang sesuai dengan persyaratan yang ada. Kurikulum yang untuk pertama kalinya akan diaplikasikan pada angkatan 2010 ini merupakan kurikulum yang telah disempurnakan dari kurikulum-kurikulum terdahulu. Walaupun terlihat cukup berat bagi mahasiswa Ikom 2010, setidaknya perubahan kurikulum tersebut akan menghasilkan mahasiswa Ikom yang jauh lebih qualified di bidangnya hingga mereka siap untuk terjun ke dunia kerja dengan persaingan super ketat. Vnd

Shared: