LPJ Praktek PR angkatan 2007

Tuesday, January 18, 2011 15:01 WIB

Selama ini publik tidak tahu apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa peserta kuliah Praktek PR, kecuali mahasiswa itu sendiri dan dosen pembimbingnya. Nah, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, UMM memiliki cara sendiri untuk mempertanggung jawabkan hasil kuliah tersebut yaitu dengan Pameran Poster Praktek PR dan Klinik Konsultasi PR 2007 di koridor lantai 1 GKB 1, UMM (12/01) lalu.

 

Poster-poster yang dipamerkan harus mampu menggambarkan apa program peserta kuliah, dan siapa yang menjadi klien eksternalnya. Seperti kelompok Alfin yang membuatkan video release untuk Jurusan Kesejahteraan Sosial, UMM dan mengawal hingga video tersebut ditayangkan oleh televise lokal. Program tersebut dipilih setelah melakukan riset terbatas. Sedangkan kelompok Yunita memilih menerbitkan newsletter untuk Balai Pengobatan Wahyu Husada Madiun. Sementara itu kelompok Nisa Amelia memilih klien UPT Pelayanan Sosial petirah Anak Batu yang merupakan salah satu UPT Pelayanan Sosial Dinas Sosial, Propinsi Jawa Timur. Kelompok ini membuatkan Video profil UPT tersebut. Beberapa kelompok mengelola website para klien dari kalangan lembaga bisnis dan pendidikan.

 

Sebelum poster-poster tersebut dibuat, selama empat bulan peserta mata kuliah yang dibagi menjadi 15 kelompok diberi kesempatan riset, merumuskan persoalan klien, menawarkan program kepada lembaga-lembaga yang ada di Jawa Timur. Menurut Frida Kusumastuti, M.Si – pembimbing mata kuliah - dengan metode tersebut mahasiswa  memiliki pengalaman nyata untuk lobbi, presentasi ide, dan negosiasi kerjasama dengan pihak luar. “Tidak jauh beda dengan magang atau PKL. Bedanya bila magang/PKL job mahasiswa ditentukan oleh tempat magangnya maka dengan metode ini mahasiswa yang menentukan job dan meyakinkan klien bahwa apa yang akan dilakukannya itu penting.” Jelas Frida yang sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, UMM tersebut.

 

Suka duka mencari klien dialami oleh mahasiswa, “Kelompok saya ganti klien sampai tiga kali karena tidak tercapai kesepakatan” aku Dian Rachmawati yang akhirnya memilih PT. Taman Bentoel dan Diknas Kota Malang sebagai klien dalam Lomba Menggambar dan Mewarnai untik anak TK dan SD di Taman Rekreasi Sengkaling (27/12).

 

Pameran Poster Praktek PR dan Klinik Konsultasi PR 2007 diakhir dengan pengumuman pemenang Poster Terbaik pilihan Juri dan Poster Favorit pilihan pengunjung. Poster Terbaik diraih oleh Poster Video Release Kelompok Alfin. Sedangkan Poster Favorit Pengunjung direbut oleh Kelompok Tarlia “ D’Conemizza...Pizza”. (fk)

Shared: