SELAMAT BERLIBUR

Saturday, January 22, 2011 15:56 WIB

 

Usai Ujian Akhir Semester (UAS) SMT Ganjil 2010/2011, sambil menunggu dengan harap-harap cemas mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi libur kuliah. Jurusan menyampaikan SELAMAT BERLIBUR dan manfaatkan liburan dengan baik, refreshing, dan menyiapkan diri menyongsong datangnya SMT Genap 2010/2011.

 

Jangan lupa, heregistrasi dimulai 7-11 Februari 2011. Caranya?. Sambil menunjukkan bukti berupa kwitansi pembayaran heregistrasi, SPP, dan angsuran DPP, mintalah formulir Kartu Rencana Studi (KRS) di Tata Usaha (TU) Fakultas lantai 6. Lalu konsultasi dengan Pembimbing Akademik (PA), dan kemudian her online di Laboratorium Komputer. Her online juga berlaku untuk mahasiswa angkatan 2010. Masuk kuliah 28 Februari 2011-11 juni 2011.

 

Hmm….terbayang senangnya liburan satu bulan lebih itu. Namun tidak demikian dengan Jurusan. Selama liburan, kantor tetap buka setiap hari jam kerja. Dosen tetap masuk sehingga proses bimbingan skripsi misalnya tetap berlangsung. Bahkan jurusan menjadwal tetap ada ujian skripsi. Seperti hari ini, sabtu (22/01) telah berlangsung ujian skripsi tahap ke-4 untuk wisuda Februari 2011. Ujian terakhir 29 Januari 2011.

 

Jurusan juga menjadwal Kuliah Sela Semester yang lebih dikenal dengan istilah Semester Pendek. Meskipun pendek, kuliah tetap berlangsung seperti kuliah regular dengan pertemuan sekitar 12 kali. Tetap ada Ujian Tengah Semester (UTS) dan UAS.

 

Berbicara tentang Kuliah Sela Semester: Program ini bukanlah program akselerasi bagi mahasiswa berprestasi, melainkan merupakan fasilitas bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai. Terutama mahasiswa semester lanjut. Tapi, jangan berharap mendapat nilai A dalam SP karena nilai maksimal yang diberikan adalah B. SP juga tidak memberi jaminan peserta kuliah akan selalu lulus. Tergantung skor-skornya sesuai dalam Kontrak Belajar di awal perkuliahan. Jadi, jangan mengira SP adalah “pemutihan”.

 

Proses studi yang baik adalah sungguh-sungguh dalam kuliah regular sehingga selalu lulus semua mata kuliah di setiap semester dengan nilai atau Indeks Prestasi (IP) di atas 3.00. Saat kuliah ya kuliah…saat libur ya libur. Bila mahasiswa selalu lulus semua mata kuliah di setiap semester, tidak mustahil bisa Wisuda sebelum semester ke VIII. Sudah beberapa mahasiswa membuktikan hal itu. Lulus dengan masa studi VII SMT + 2 bulan atau + 3 bulan. Bahkan peserta ujian 29 Januari 2011 nanti ada yang dari angkatan 2007. Bila dia lulus, maka dia akan wisuda Februari 2011 alias hanya menempuh studi selama VII SMT. Wow……(fk)

Shared: